Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Tema 2 Subtema 3 Pada Muatan IPA Di Kelas V Sekolah Dasar

Suhendar, Ade (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Tema 2 Subtema 3 Pada Muatan IPA Di Kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Tema 2 Subtema 3 Pada Muatan IPA Di Kelas V Sekolah Dasar.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (776kB)

Abstract

ABSTRAK Suhendar, Ade. 2018.“Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Tema 2 Subtema 3 Pada Muatan IPA Di Kelas V Sekolah Dasar”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Destrinelli, M.Pd., (II) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd, M.Pd., Kata kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based Learning Lembar Kerja Pesrta didik merupakan suatu bahan ajar yang digunakan guru untuk mempermudah penyampaian konsep kepada peserta didik. Lembar Kerja Peserta Didik memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran, selain dapat membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran, Lembar Kerja Peserta didik juga dapat dijadikan sebagai sumber ajar yang bisa membantu peserta didik dalam proses pemecahan masalah, dengan melakukan percobaan dan pengamatan yang menantang dalam proses pembelajara. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik dengan menggunakan Problem Based Learning (PBL) yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan Borg dan Gall yang telah disederhanakan menjadi 4 tahan pengembangan (research, planing, develop preliminary from of product, preliminary fild testing) dengan subjek penelitian siswa kelas VA SD Negeri 34/1 Teratai, Kabupaten Batanghari, Provinsi jambi. Hasil penelitian dan pengembangan diperoleh melalui validasi Kebahasaan dan validasi Pembelajaran. Kepraktisan diperoleh dari angket respon guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat validasi oleh validator kebahasaan diperoleh skor rata-rata 94% dengan kategori sangat valid, dan validator pembelajaran 67% dengan kategori valid. Kepraktisan Lembar Kerja Peserta didik dilihat dari respon guru 100% dengan kategori sangat baik, respon siswa 91% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Tema 2 Subtema 3 Pada Muatan IPA Di Kelas V Sekolah Dasar termasuk dalam kategori sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ADE SUHENDAR
Date Deposited: 06 Jun 2018 01:02
Last Modified: 06 Jun 2018 01:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4426

Actions (login required)

View Item View Item