Nofersa Florensia, Buci (2018) Pengembangan alat peraga matematika papan tali perkalian berbasis metode montessori pada operasi hitung perkalian di kelas III Sekolah dasar. Pengembangan alat peraga matematika papan tali perkalian berbasis metode montessori pada operasi hitung perkalian di kelas III Sekolah dasar.
Text
ARTIKEL BUCI NOFERSA FLORENSIA PDF.pdf Download (500kB) |
Abstract
Alat peraga merupakan suatu alat pembawa pesan dalam proses pembelajaran, pesan. Pesan yang dimaksud adalah materi pelajaran. Alat peraga dapat membantu guru dalam menyampaikan materi sehingga menarik peserta didik agar bisa memahami materi yang disampaikan. Alat peraga juga juga dihadirkan agar tidak adanya jurang pemisah antara peserta didik dan sumber belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan research and development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat peraga papan tali perkalian pada operasi hitung perkalian dengan menggunakan metode montessori yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian peserta didik kelas III SD Negeri 34/I Teratai Muara bulian, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi. Data kevalidan diperoleh dengan memberikan angket kepada ahli validasi untuk menilai kevalidan alat peraga papan perkalian. Data kepraktisan alat peraga ini di peroleh dari hasil wawancara peserta didik dan angket guru serta data keefektifan alat peraga di peroleh dari peningkatan hasil belajar peserta didik melalui pretes dan postes. Hasil penelitian ini berupa alat peraga papan tali perkalian berbasis metode montessori pada operasi hitung perkalian di kelas III Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektif. Hasil validasi dari validator pembelajaran memperoleh skor rata-rata yaitu 4,6 yang termasuk kedalam kategori sangat valid. Hasil validasi dari validator media memperoleh skor rata-rata yaitu 4,7 yang termasuk kategori sangat valid. Setelah layak diujicobakan, maka kepraktisan alat peraga dilihat dari respon guru memperoleh skor rata-rata 4,9 bahwa alat peraga sangat praktis digunakan dalam pembelajaran operasi hitung perkalian. Selanjutnya keefektifan alat peraga di lihat dari data N-gain yang diperoleh hasil pretes dan postes yaitu memperoleh skor rata-rata 0,76 dan termasuk klasifikasi “tinggi”. Hal ini menyatakan bahwa alat peraga papan tali perkalian dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan alat peraga efektif digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil yang telah di dapatkan disimpulkan bahwa pengembangan alat peraga matematika papan tali perkalian pada operasi hitung perkalian di kelas III SD dengan menggunakan metode montessori dapat digunakan dengan mudah dan dapat menyelesaikan soal-soal perkalian. Proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dan bervaritif.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | BUCI NOFERSA FLORENSIA |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 01:03 |
Last Modified: | 06 Jun 2018 01:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4427 |
Actions (login required)
View Item |