Utari, Anggelia Fatria (2018) Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar di Kelas I Sekolah Dasar. Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar di Kelas I Sekolah Dasar.
Text
ARTIKEL ANGGELIA FATRIA.pdf Download (418kB) |
Abstract
ABSTRAK Utari, Anggelia Fatria. 2018. Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar di Kelas I D SD Negeri 13/1 Muara Bulian. Skripsi Progran Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I, Drs. Maryono, M. Pd Pembimbing II Silvina Noviyanti, S. Pd, M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Membaca Permulaan, Media Kartu Kata Bergambar. Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataannya bahwa siswa belum terampilan membaca (membaca permulaan), beberapa orang siswa yang masih sulit membedakan huruf, cara pengucapan huruf yang kurang tepat dan masih banyak siswa yang masih mengeja. Masalah-masalah yang peneiti temukan ini dapat dikatakan bahwa kurangnya keterampilan membaca permulaan siswa ke las I D SD Negeri 13/1 Muara Buian. Kurangnya keterampilan membaca permulaan siswa disebabkan oleh adanya fakktor internal dia ataranya yang termasuk faktor internal kurangnya belajar membaca dirumah, Selain itu faktor eksternalnya yaitu kuranggnya pemanfaat media, metode, dan dalam pembelajaran membaca, membelajaran kurang menarik. Peneilitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa menggunakan media kartu kata bergambar pada kelas I D SD Negeri 13/1 Muara Bulian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, data yang diambil adalah data observasi guru yang dilakukan pada tiap proses pembelajaran menggunakan media kartu kata bergambar. Penlitian ini dilakukan dengan 4 tahahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan dengan menggunakan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I D SD Negeri 13/1 Muara Bulian. Hasil observasi keterampilan membaca permulaan siswa menunjukan adanya peningkatan, terbukti dari siklus I keterampilan membaca permulaan siswa 65,40 % dikategorikan K (Kurang), meningkat pada siklus II menjadi 76,22% dikategorikan B (baik). Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kartu kata bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaaca permulaan siswa kelas I D SD Negeri 13/1 Muara Bulian.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ANGGELIA FATRIA UTARI |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 01:03 |
Last Modified: | 06 Jun 2018 01:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4428 |
Actions (login required)
View Item |