Desain Modul Berbasis Augmented Reality untuk Materi Bangun Ruang Sisi Datar dalam Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Kelas VIII MTs Negeri 8 Muaro Jambi

Fadhila, Nida Selina (2022) Desain Modul Berbasis Augmented Reality untuk Materi Bangun Ruang Sisi Datar dalam Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Kelas VIII MTs Negeri 8 Muaro Jambi. S1 thesis, Pendidikan Matematika.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nida Selina Fadhila-SKRIPSI.pdf

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan modul berbasis augmented reality yang dapat meningkatkan kemampuan spasial siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari: Investigasi Awal; Desain; Realisasi; Tes, Evaluasi, dan Revisi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi ahli, lembar observasi, pedoman wawancara, angket respon guru dan siswa, tes hasil belajar, pretest dan posttest kemampuan spasial siswa. Jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Adapun hasil penelitian menunjukkan skor ahli materi sebesar 91, 53% dan skor ahli desain sebesar 90,53% tergolong kategori sangat valid. Modul juga telah dinyatakan praktis dilihat dari skor angket respon guru sebesar 80,00% tergolong kategori praktis, dan skor angket pada uji coba kelompok kecil sebesar 84,26% serta pada uji lapangan sebesar 84,38% tergolong kategori sangat praktis. Keefektifan ditunjukan dengan 83,33% siswa tuntas pada tes hasil belajar, dan hasil perhitungan N-Gain terdapat 11 orang siswa mengalami peningkatan kemampuan spasial sedang dan 13 orang siswa mengalami peningkatan kemampuan spasial tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul berbasis augmented reality untuk materi bangun ruang sisi datar yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul, Kemampuan Spasial, Augmented Reality
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FADHILA
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:42
Last Modified: 17 Jan 2023 04:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44289

Actions (login required)

View Item View Item