Rustian, Randa (2018) Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Student Teams Achievement Devisions (STAD) Pada Pembelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Student Teams Achievement Devisions (STAD) Pada Pembelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar.
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (341kB) |
Abstract
ABSTRAK Rustian, Randa. 2018 Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Student Teams Achievement Devisions Pada Pelajaran IPS kelas V SD Negeri No.64/1 Muara Bulian. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Arsil, M.Pd., Pembimbing (II) Muhammad Sofwan, M.Pd Kata kunci: Motivasi Belajar, Pelajaran IPS, Model STAD Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di kelas SD Negeri No.64/1 Muara Bulian dan wawancara dengan wali kelas tersebut. Peneliti melihat guru tidak menggunakan model pembelajaan sehingga pembelajaran belum efektif, siswa sering keluar masuk kelas, kurangnya minat belajar siswa. Walaupun ada sebagian siswa yang aktif hanya sebagian dari mereka. Sedangkan siswa yang tidak aktif dalam belajar, mereka melakukan kegiatan tersendiri seperti bercerita, moncontek jawaban temannya, menganggu dan mengejek temannya, tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Salah satu alternative guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yaitu model STAD. Diharapkan dengan menerapkan model STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS). Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui penerapan model STAD (Student Team Achievement Divisions) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V B SD Negeri No.64/1 Muara Bulian. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dan tempat penelitian adalah siswa kelas V B SD Negeri No64/1 Muara Bulian dengan jumlah 22 siswa. Sesuai dengan ketercapaian tujuan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Data-data dalam penelitian diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Analisis data tindakan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa terlihat pada siklus I pertemuan I sebesar 49%, pertemuan II sebesar 60% dan meningkat pada siklus II pertemuan I sebesar 86% pertemuan ke II sebesar 89% mengalami peningkatan. Guru juga telah menggunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions) dalam pembelajaran sesuai yang telah direncanakan sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi pada siklus II, maka penelitian ini telah dikatakan berhasil karena telah mencapai kriteria yang ditentukan maka dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri No.64/1 Muara Bulian.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RANDA RUSTIAN |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 01:03 |
Last Modified: | 06 Jun 2018 01:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4430 |
Actions (login required)
View Item |