Khairunnisa, Wiranda (2023) Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Mengkonstruksi Konsep SPLDV Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
Skripsi_Wiranda Khairunnisa.pdf Download (6MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (420kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERNYATAAN.pdf Download (545kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (406kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (303kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (14kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKKAN.pdf Download (145kB) |
Abstract
Penekanan utama pembelajaran matematika adalah bagaimana agar siswa memahami konsep-konsep matematika, maka proses pembelajaran matematika diarahkan agar siswa dapat menemukan dan membangun konsep serta membentuk keterampilan dalam menyelesaikan suatu masalah secara logis, analitis, dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan mengkonstruksi konsep siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Kota Jambi pada September 2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode True Experimental Design menggunakan Posttest-Only Control Group Design. Data penelitian ini diperoleh dari hasil lembar obaservasi dan tes kemampuan mengkonstruksi konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Kota Jambi tahun ajaran 2022/202, sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan aktivitas pembelajaran oleh guru dan siswa dan tes kemampuan mengkonstruksi konsep. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi 0.007 < 0.05 yang artinya terdapat pengaruh penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan mengkonstruksi konsep. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa yang diberi perlakuan dengan diterapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) memiliki kemampuan mengkonstruksi konsep lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional, dengan nilai rata-rata nilai posttest kelas Realistic Mathematics Education (RME) adalah 75,5206 dan rata-rata nilai posttest kelas Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah 73,3164. Kata Kunci: Realistic Mathematics Education (RME), Contextual Teaching and Learning (CTL), Konstruksi Konsep
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | KHAIRUNNISA |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 04:40 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 04:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44304 |
Actions (login required)
View Item |