Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Septilia, . (2018) Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH UPLOAD NEW.pdf

Download (496kB)

Abstract

ABSTRAK Septilia. 2018. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I)Dr. Yantoro, M.Pd. Pembimbing (II)Suci Hayati, S.Pd, M.Pd., Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Problem Based Learning(PBL). Berdasarkan latar belakang masalah, masalah kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, terjadi di kelas V SDN No. 111/I Komplek Air Panas setelah melakukan observasi dan kolaborasi dengan guru kelas. Berdasarkan hasil observasi bahwa proses pembelajaran matematika terhadap pemahaman siswa pada penyelesaian masalah masih kurang, dan proses belajar siswa masih diterapkan pembelajaran yang berbentuk konvensional, serta pembelajarannya bersifat teacher center. Sehingga saat guru memberikan soal latihan banyak siswa yang mengalami kesulitan mengerjakan dan berakibat juga pada hasil belajarnya yang mengidikasikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model problem based learning di kelas V SDN No. 111/I Komplek Air Panas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang membahas tentang bagaimana penerapan model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika siswa di kelas V SDN No. 111/I Komplek Air Panas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN No. 111/I Komplek Air Panas yang berjumlah 29 orang, dimana 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan persentase pada siklus I yaitu 64,23% dan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematikanya 50,84%. Persentase siklus II yaitu 86,2% dan hasil tes kemampuan pemecahan matematikanya 94,55%. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti lain hendaknya lebih memahami masalahnya pendidikan, khususnya masalah pembelajaran sehingga hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi tentang informasi pelaksanaan pembelajaran dengan model problem based learning. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model problem based learning memiliki peran dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematikas siswa kelas V.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SEPTILIA
Date Deposited: 06 Jun 2018 01:03
Last Modified: 06 Jun 2018 01:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4432

Actions (login required)

View Item View Item