Fitri, Sonia Anita (2018) Lagu Model Sebagai Sumber Belajar pada Pembelajaran Sains Di Kelas IV Sekolah Dasar. Lagu Model Sebagai Sumber Belajar pada Pembelajaran Sains Di Kelas IV Sekolah Dasar.
Text
ARTIKEL SONIA ANITA FITRI.pdf Download (237kB) |
Abstract
ABSTRAK Fitri, Sonia Anita. 2018. Lagu Model Sebagai Sumber Belajar pada Pembelajaran Sains Di Kelas IV Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dra. Destrinelli, M.Pd.,(II) Drs. Andi Suhandi, S.Pd, M.Pd.I., (III) Issaura Sherly Pamela, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Lagu Model dan Pembelajaran Sains. Penelitian ini bertujuan mengembangkan lagu model untuk pembelajaran sains kelas IV Sekolah Dasar untuk memudahkan peserta didik dalam mengingat isi/materi pelajaran dan membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan. Lagu model adalah lagu-lagu pilihan yang digunakan sebagai perantara dalam mempelajari materi pembelajaran yang diinginkan. Penggunaan lagu model dalam pembelajaran bukanlah bagaimana peserta didik menguasai lagunya atau peserta didik harus menyanyi dengan tempo dan nada yang akurat, tetapi lagu sebagai alat untuk mempelajari aspek materi yang diinginkan Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analisis, design, development, implementasion dan evaluation) dalam mengembangkan produk yang akan dihasilkan. Hasil penelitian ini berupa buku kumpulan lagu model untuk pembelajaran sains kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Hasil validasi penyajian produk diperoleh rata-rata 4,87 termasuk kategori sangat valid. Hasil validasi pembelajaran sains diperoleh rata-rata 4,36 termasuk kategori sangat valid. Setelah layak diuji coba, maka peneliti menguji cobakan pada satu kelas yang berjumlah 27 orang peserta didik. Dari hasil angket respon peserta didik diperoleh rata-rata 4,9 termasuk kategori sangat praktis. Kesimpulan penelitian dan pengembangan ini adalah lagu model sebagai sumber belajar pada pembelajaran sains dikelas IV Sekolah Dasar dikembangkan menggunakan prosedur model pengembangan ADDIE dengan tingkat kevalidan penyajian produk sangat valid dari aspek penilaian komponen grafika tentang tata letak (lay out), ilustrasi/gambar, desain tampilan dan penggunaan bentuk tulisan, ukuran, huruf dan jarak spasi serta penilaian aspek komponen penyajian tentang kejelasan tujuan, urutan sajian, kemenarikan dan kelengkapan informasi serta kevalidan pembelajaran sains sangat valid dari aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian dan kelayakan bahasa. Lagu model sangat praktis dilihat dari keterbantuan peserta didik dalam mengingat isi/materi pelajaran dan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SONIA ANITA FITRI |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 01:03 |
Last Modified: | 06 Jun 2018 01:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4434 |
Actions (login required)
View Item |