Wibisono, Gunawan (2022) Pengembangan E-modul Berbasis Pendekatan saintifik Menggunakan PDF Professional Pada Materi Listrik Statis SMA Kelas XII. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER 1.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (23kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
DAPUS.pdf Download (255kB) |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh perubahan sistem pembelajaran selama pandemi, dimana pembelajaran dilakukan secara hybrid dan siswa tidak mempunyai bahan ajar yang bisa digunakan secara mandiri. Fisika merupakan pelajaran yang sulit, ditambah dengan bahan ajar yang juga sulit dipahami, dan pembelajaran yang yang membosankan membuat siswa tidak terampil. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul untuk membantu siswa belajar secara mandiri pada materi listrik statis dan untuk mengetahui persepsi peserta didik tentang e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di SMA N 8 Kota Jambi di kelas XII IPA I pada kelompok kecil dengan jumlah 20 responden pada 23 November 2022. Setelah produk selesai dikembangan kemudian akan dilaksanakan validasi oleh ahli media dan materi untuk menguji kelayakan penggunaan e-modul kemudian dilanjutkan dengan melihat persepsi siswa. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan angket persepsi kepada siswa (sebagai data utama) secara online menggunakan google form. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa e-modul dinyatakan valid oleh ahli media dan ahli materi dengan skor 3.87 untuk materi dan 3.85 untuk media. Sehingga, e-modul dinyatakan layak untuk dilakukan ujicoba kepada siswa. Hasil ujicoba persepsi pada siswa, menunjukan persepsi yang baik terhadap e-modul yang dikembangan. Hal ini di tunjukan dengan didapatkan rata-rata sebesar 3.79 sebagai skor total dari beberapa indikator yang dianalisis yaitu desain cover, desain e-modul desain software e-modul, kemudahan pengoperasian, format dan sound, dan visualisasi e-modul. Keunggulan e-modul listrik statis ini adalah dapat diakses kapanpun dan dimanapun serta mudah dipahami oleh siswa. Sedangkan kelemahannya adalah belum adanya database sistem penilaian yang terintegrasi dengan e-modul. Dari maka disarankan agar penelitian selanjutnya dapat mengembangkan sistem penilaian untuk e-modul ini agar guru dapat mengakses penilaian secara online pada materi listrik statis kelas XII.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, Pembelajaran, Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Wibisono |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 01:40 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 01:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44387 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |