PERSEPSI DOSEN DAN MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB TERHADAP PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS JAMBI

ANGGRAYNI, DEVI (2023) PERSEPSI DOSEN DAN MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB TERHADAP PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL DEVI ANGGRAYNI.pdf

Download (881kB)
[img] Text
cover devi anggrayni.pdf

Download (32kB)
[img] Text
halaman persetujuan dan pengesahan devi Angrayni.pdf

Download (669kB)
[img] Text
BAB I Devi Anggrayni.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB V Devi Anggrayni.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Devi Anggrayni.pdf

Download (192kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Persepsi Dosen dan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab terhadap pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) di program studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi. Penelitian ini dilakukan di Program studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi pada Semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, wawancara, dan dokumentasi dari Dosen dan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi untuk mengetahui Persepsi Dosen dan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab terhadap pembelajaran berbasis Project Based learning (PjBL) di program studi pendidikan bahasa arab Universitas Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi dari Dosen maupun Mahasiswa mengenai pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) sangat bervariasi. Berbagai persepsi yang di ungkapkan narasumber yaitu mendapatkan pengalaman belajar yang banyak, memori jangka panjang mengenai proyek yang mahasiswa kerjakan, menumbuhkan sikap kepemimpinan mahasiswa, mahasiswa dapat menemukan preferensi selama pengerjaan proyek, serta fleksibilitas yang di dapatkan mahasiswa dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dari segi waktu dan tempat. Persepsi lain yang mengatakan bahwa model pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) membutuhkan waktu pengerjaan yang cukup lama, mahasiswa mengalami kesulitan dalam proses pengerjaan proyek dan tidak ingin di persulit, mahasiswa bisa memahami materi dengan model pembelajaran teori saja dan sudah terbiasa menggunakan model pembelajaran berbasis teori dan tidak ingin perubahan menggunakan model pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL). Dari hasil penelitian ini disarankan agar dosen dapat mengoptimalkan penerapan model pembelajaran berbasis Project Based Learning agar mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan Higher Order Thinking (HOT) seperti Critical Thinking dan Creative Thinking.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning (PjBL) di program studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: ANGGRAYNI
Date Deposited: 18 Jan 2023 07:15
Last Modified: 18 Jan 2023 07:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44390

Actions (login required)

View Item View Item