Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran PKn

Marlina, Leni (2018) Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran PKn. Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran PKn.

[img] Text
Leni ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (330kB)

Abstract

ABSTRAK Marlina, L. 2018. Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran PKn. Pembimbing 1. Drs, Arsil, M.Pd; Pembimbing II. Ahmad Hariandi, S.Pd.I, M. Ag; Kata Kunci: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dan Tanggung Jawab Belajar. Proses pembelajaran merupakan suatu interaksi antara dua orang atau lebih. Dalam proses pembelajaran guru harus dapat mengatur kegiatan pembelajaran dan proses terjadinya interaksi antara guru dan siswa. Interaksi antara guru dan siswa harus saling berkesinambungan dan terarah. Selain interaksi yang terjadi di dalam kelas, guru dan siswa juga memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan proses pembelajaran. Tanggung jawab dalam proses pembelajaran sangat penting untuk dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan langkah-langkah model Two Stay Two Stray dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa pada mata pelajaran Pkn. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. penggunaan Model pembelajaran Two Stay Two Stray adalah salah satu model pembelajaran yang diterapkan secara berkelompok dengan teman di kelas untuk menciptakan sikap yang dapat bertanggung jawab dan pola diskusi yang baik dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap pertemuan akan dilaksanakan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada siklus I pertemuan I dan II mengalami peningkatan tanggung jawab belajar siswa dengan presentasi keberhasilan 60% dengan kategori cukup (C). Pada siklus II pertemuan I dan II mengalami peningkatan pada tanggung jawab belajar siswa dengan presentasi keberhasilan 78% dengan kategori baik (B).

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: LENI MARLINA
Date Deposited: 06 Jun 2018 01:03
Last Modified: 06 Jun 2018 01:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4440

Actions (login required)

View Item View Item