Rahmawati, Sophia (2023) Pengintegrasian Technological Pedagogical Content Knowladge dan Pengaruhya Terhadap Motivasi Guru Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas di Kota Jambi. S3 thesis, pescasarjana kependidikan.
![]() |
Text
ABSTRAK shopi.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN shopi.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
BAB V PENUTUP shopi.pdf Download (398kB) |
![]() |
Text
FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA shopi.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
cover sophi.pdf Download (18kB) |
![]() |
Text
Dokumen 11.pdf Download (113kB) |
Abstract
ABSTRAK Rahmawati, Sophia (2022) Pengintegrasian TPACK dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Guru Bahasa Indonesia SMA di Kota Jambi. Promotor: Dr. Hary Soedearto Herjo, M.Pd., Co-promotor: Urip Sulistiyo, Ph.D Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan melihat pengintegrasian TPACK dan pengaruhya terhadap motivasi guru Bahasa Indonesia SMA di Kota Jambi sebanyak 95 orang yang mengunakan structural equation modeling (PLS- SEM) Manova (SPSS). Untuk menganailisis data dalam penelitian ini mengadopsi kuantitatif dengan pendekatan survey. Hasil pengujian menunjukkan dimana nilai p value diatas 0,05 hipotesis pertama ditolak. Hal tersebut membuktikan bahwa TK tidak berpengaruh terhadap TCK. Hipotesis kedua menguji apakah terdapat pengaruh TK terhadap TPK. Hasil pengujian menunjukkan bahawa tidak terdapat pengaruh TK terhadap TPK. Hipotesis ketiga terdapat pengaruh CK terhadap PCK hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh siginfikan, hipotesis keempat menguji apakah CK terhadap PCK secara P Values menunjukkan terdapat pengaruh terhadap hasil pengujian menunjukkan dimana nilai P Value dibawah 0,05, hipotesis kelima menguji apakah terdapat PK terhadap TPK secara P Values positif artinya terdapat pengaruh langsung PK terhadap TPK, hipotesis keenam menguji apakah terdapat pengaruh langsung PK terhadap PCK dimana P Values positif. Hasil pengujian menunjukkan bahawa ada pengaruh yang signifikan, hipotesis ketujuh menguji apakah terdapat TCK terhadap TPACK dimana nilai p Value dibawah 0,05 hipotesis ketujuh diterima, Hipotesis kedelapan menguji apakah terdapat pengaruh langsung TPK terhadap TPACK tidak terdapat pengaruh langsung TPK terhadap TPACK. Hipotesis kesembilan menguji apakah terdapat pengaruh langsung PCK terhadap TPACK P Values positif artinya terdapat pengaruh langsung PCK terhadap TPACK. Hipotesis kesepuluh menguji apakah terdapat pengaruh langsung TPACK terhadap motivasi guru P Values positif artinya terdapat pengaruh langsung TPACK terhadap motivasi guru dan penelitian ini menghasilkan desain model pengitegrasian teknologi bagi guru Bahasa Indonesia di Kota Jambi (itTPACKmut). Peneliti menyarakan kepada Dinas Pendidikan, Kepala sekolah untuk merumuskan kebijakan yang mampu meningkatkan kompetensi guru dalam pengitegrasian teknologi, kegiatan yang dapat dilakukan berupa pelatihan, sosialisasi, dan juga FGD guna untuk memberikan pemahaman yang mendalam mengenai pengintegrasian teknologi pada guru Bahasa Indonesia di Kota Jambi. Keywords: Pengitegrasian Teknologi, Motivasi guru, Bahasa indonesia
Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S3 Kependidikan |
Depositing User: | RAHMAWATI |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 04:30 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 04:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44400 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |