Destavania Nelriz, Sheffira (2023) Pengembangan Modul Berbantuan LINDO dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada Materi Program Linear di SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf Download (497kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (412kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
Sheffira Destavania Nelriz (A1C216062) - SKRIPSI.pdf Download (11MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (482kB) |
Abstract
Nelriz, Sheffira Destavania. 2020. Pengembangan Modul Berbatuan LINDO dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada Materi Program Linear di SMA: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Sri Winarni, S.Pd., M.Pd., (II) Ade Kumala Sari, S.Pd., M. Pd., Kata kunci: pengembangan modul, software LINDO, pendekatan RME, Program Linear. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan modul berbantuan LINDO dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada materi Program Linear di SMA, (2) Mendeskripsikan kualitas modul yang dikembangkan berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model FOUR-D yang diadaptasi dari Thiagarajan (1974) meliputi tahap Define, Design, Develop, Disseminate. Penelitian ini dilakukan di SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi pada Januari 2020. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket dan melakukan tes kepada siswa dengan kriteria rendah, sedang, dan tinggi dari segi kogintif, ketrampilan, minat, serta bakat dan hasil wawancara dengan guru bidang studi Matematika. Setelah angket data dikembalikan, maka data tersebut dapat dianalisis. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli instrumen, materi, desain, dan praktisi, wawancara terstruktur, lembar observasi, angket respon peserta didik, dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan mengalami beberapa kali revisi berdasarkan komentar dan saran dari validator materi, desain, dan praktisi (guru matapelajaran matematika), dan hasil evaluasi. Kualitas modul dalam kategori kualitas media yang baik, dikarenakan modul memenuhi kriteria kevalidan, dengan jumlah skor 271 yaitu “valid”, kriteria kepraktisan dengan jumlah skor 456,2 yaitu “praktis”, dan kriteria keefektifan dengan jumlah skor 88,89 yaitu “efektif”.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, modul, LINDO, pendekatan RME, Program Linear |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | NELRIZ |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 08:23 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 08:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44437 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |