Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis HOTS (High Order Thinking Skills) Menggunakan Model Pembelajaran GOLD (Guided, Organizing, Leaflet, Discovery) Pada Materi Trigonometri

Lestari, Afini Dinda (2022) Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis HOTS (High Order Thinking Skills) Menggunakan Model Pembelajaran GOLD (Guided, Organizing, Leaflet, Discovery) Pada Materi Trigonometri. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI AFINI DINDA LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
Cover Afini Dinda Lestari.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Halaman Persetujuan Afini Dinda Lestari.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 Afini Dinda Lestari.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Afini Dinda Lestari.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka Afini Dinda Lestari.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak pada kerangka berpikir bahwa perlu adanya suatu bahan ajar tambahan yang efektif dan efisien, serta melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi di dalam pembelajaran. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan dan kualitas buku saku digital berbasis HOTS (High Order Thinking Skills) menggunakan model pembelajaran GOLD (Guided, Organizing, Leaflet, Discovery) pada materi trigonometri. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Branch (2009) meliputi analyze, design, development, implementation dan evaluation. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari angket validasi instrumen, angket validasi materi, angket validasi desain, angket praktikalitas buku saku digital, angket efektivitas siswa, dan soal tes hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di SMA N 2 Kota Jambi dengan subjek peneltiian yaitu: (1) pada uji perorangan, subjek penelitiannya adalah seorang guru matematika, (2) pada uji kelompok kecil, subjek penelitiannya adalah 9 orang siswa kelas XI IPA 3 dengan tingkat kemampuan kognitif rendah, sedang, dan tinggi, serta (3) pada uji coba lapangan, subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA 4. Penelitian ini menghasilkan buku saku digital berbasis HOTS (High Order Thinking Skills) menggunakan model pembelajaran GOLD (Guide, Organizing, Leaflet, Discovery) pada materi trigonometri yang kualitasnya dinilai berdasarkan kriteria valid, praktis dan efektif. Dari hasil penelitian diperoleh: (1) persentase kevalidan buku saku digital dari ahli materi 82,67% (sangat valid) dan dari ahli desain 81,54% (sangat valid), (2) persentase kepraktisan buku saku digital oleh guru 93,68% (sangat praktis) dan dari siswa 82,46% (sangat praktis), (3) persentase keefektifan buku saku digital dari siswa 81,33% (sangat efektif) dan dari ketuntasan tes hasil belajar .

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Buku Saku Digital, HOTS, GOLD, Trigonometri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LESTARI
Date Deposited: 19 Jan 2023 08:13
Last Modified: 19 Jan 2023 08:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44468

Actions (login required)

View Item View Item