PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI POLA ASUH ORANGTUA MAHASISWA JURUSAN PSIKOLOGI FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI

ABADI, MUHAMMAD CINTA KHARYSMA (2022) PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI POLA ASUH ORANGTUA MAHASISWA JURUSAN PSIKOLOGI FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD CINTA KHARYSMA ABADI (G1C117005).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (37kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (766kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI POLA ASUH ORANGTUA MAHASISWA JURUSAN PSIKOLOGI FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI 1Muhammad Cinta Kharysma Abadi, 2Jelpa Periantalo, 3 Marlita Andhika Rahman 1.Program Studi Psikologi, Universitas Jambi/cintakharysma98@gmail.com 2Program Studi Psikologi, Universitas Jambi/jelp.8487@unja.ac.id 3program Studi Psikologi, Universitas Jambi/marlita.rahman@unja.ac.id ABSTRAK LATAR BELAKANG Prestasi belajar menjadi salah satu acuan dalam keberhasilan suatu pembelajaran. Keefektifan pembelajaran tersebut dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh, salah satunya nilai IPK. Setiap individu ingin mendapatkan hasil yang terbaik dalam pembelajarannya. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya pola asuh yang mereka terima. Setiap individu menerima pola asuh yang berbeda dari orangtua, sehingga prestasi belajar yang diperoleh pun cenderung berbeda. METODE Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan psikologi FKIK UNJA angkatan 2019-2021 dan menggunakan teknik stratified proportional random sampling dengan total 159 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan uji beda F-Test ANOVA. HASIL Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan secara signifikan prestasi belajar ditinjau dari pola asuh orangtua dengan nilai signifikansi sebesar 0,950 dan p value > 0,05. KESIMPULAN DAN SARAN Tidak ada perbedaan signifikan prestasi belajar mahasiswa program studi psikologi FKIK UNJA ditinjau dari pola asuh orangtua. Dengan adanya penelitian ini diharapkan menjadi pertimbangan bagi masyarakat khususnya para orangtua akan pentingnya pola asuh. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Pola Asuh, Mahasiswa LEARNING ACHIEVEMENT IN TERMS OF PSYCHOLOGY STUDENTS PARENTING STYLES AT FACULTY OF MEDICINE AND HEALTH SCIENCES JAMBI UNIVERSITY 1Muhammad Cinta Kharysma Abadi, 2Jelpa Periantalo, 3Marlita Andhika Rahman 1Departement of Psychology, Jambi University/cintakharysma98@gmail.com 2Departement of Psychology, Jambi University /jelp.8487@unja.ac.id 3Departement of Psychology, Jambi University /marlita.rahman@unja.ac.id ABSTRACT BACKGROUND Learning achievement was one of the references in triumph of learning. The effectiveness of the learning could be seen from the learning outcomes obtained, GPA value was one of them. Every individual would to get the best results in their learning and these influenced by several factors, parenting style they receive was one of them. Each individual received different parenting style from their parents, so their learning achievements tend to be different. METHOD This research was quantitative research with comparative approach. The population in this study were psychology students 2019-2021 batch year of FKIK UNJA and the sample was taken using stratified proportional random sampling technique with total of 159 students. The data analysis technique used the F-Test ANOVA different test. RESULTS The results of this study indicate that there was no significant difference in learning achievement in terms of parenting style with a significance value of 0.950 and p value > 0.05. CONCLUSIONS AND SUGGESTIONS There was not significant difference in the learning achievement of the psychology FKIK UNJA students in terms of parenting style. With this research, it is hoped that it will become a consideration for the societies, especially parents, about the importance of parenting. Keywords : Learning Achievement, Parenting styles, colleger

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Prestasi Belajar, Pola Asuh, Mahasiswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi
Depositing User: ABADI
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:45
Last Modified: 20 Jan 2023 03:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44477

Actions (login required)

View Item View Item