Putri, Nuraini Detia (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERBASIS PROYEK DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS IX SMP. S2 thesis, Magister Pendidikan Bahasa dan sastra indonesia.
![]() |
Text
Cover .pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
Tesis NDP.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text
Hal Persetujuan.pdf Download (399kB) |
Abstract
Detia Putri, Nuraini. 2023. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Proyek dan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas IX SMP.Tesis, Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pascasarjana Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Drs. Herman Budiyono, M.Pd. (2) Dr. Dra. Irma Suryani, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran menulis cerpen berbasis proyek dan berpikir tingkat tinggi agar menjadi perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu berupa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik). RPP dikembangkan mengacu pada model pembelajaran berbasis proyek. Sedangkan LKPD dikembangkan melalui aplikasi Canva dan berbasis HOTS. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Terdapat lima tahapan proses pengembangan, di antaranya: tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap penerapan, dan tahap evaluasi. Hasil yang didapatkan oleh penelitian ini meliputi: (1) Proses pengembangan perangkat pembelajaran pada tahap analisis diperoleh data tentang rendahnya hasil belajar peserta didik, kendala kegiatan pembelajaran, kurikulum 2013 dan perangkat pembelajaran yang digunakan di SMPN Satu Atap 4 Tungkal Ulu. Tahap perancangan, peneliti merancang perangkat pembelajaran secara konseptual. Tahap pengembangan, peneliti membuat dan mengembangkan perangkat pembelajaran kemudian memvalidasi dan memperbaiki berdasarkan masukan para validator. Tahap penerapan, peneliti menerapkan perangkat pembelajaran kepada peserta didik kelas IX di SMPN Satu Atap 4 Tungkal Ulu. Tahap evaluasi, peneliti mengevaluasi dan menilai seberapa besar keefektifan. (2) RPP dinyatakan “valid” dengan rata-rata total kevalidan sebesar 3,788, (3) LKPD dinyatakan “valid”sebesar 4,26 dari ahli materi dan 4 dari ahli media. Kata Kunci: pengembangan perangkat pembelajaran, menulis cerpen
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Nuraini Detia Putri |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 08:15 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 08:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44491 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |