PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERBASIS PROYEK DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS IX SMP

Putri, Nuraini Detia (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERBASIS PROYEK DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS IX SMP. S2 thesis, Magister Pendidikan Bahasa dan sastra indonesia.

[img] Text
Cover .pdf

Download (11kB)
[img] Text
Tesis NDP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)
[img] Text
Hal Persetujuan.pdf

Download (399kB)

Abstract

Detia Putri, Nuraini. 2023. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Proyek dan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas IX SMP.Tesis, Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pascasarjana Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Drs. Herman Budiyono, M.Pd. (2) Dr. Dra. Irma Suryani, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran menulis cerpen berbasis proyek dan berpikir tingkat tinggi agar menjadi perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu berupa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik). RPP dikembangkan mengacu pada model pembelajaran berbasis proyek. Sedangkan LKPD dikembangkan melalui aplikasi Canva dan berbasis HOTS. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Terdapat lima tahapan proses pengembangan, di antaranya: tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap penerapan, dan tahap evaluasi. Hasil yang didapatkan oleh penelitian ini meliputi: (1) Proses pengembangan perangkat pembelajaran pada tahap analisis diperoleh data tentang rendahnya hasil belajar peserta didik, kendala kegiatan pembelajaran, kurikulum 2013 dan perangkat pembelajaran yang digunakan di SMPN Satu Atap 4 Tungkal Ulu. Tahap perancangan, peneliti merancang perangkat pembelajaran secara konseptual. Tahap pengembangan, peneliti membuat dan mengembangkan perangkat pembelajaran kemudian memvalidasi dan memperbaiki berdasarkan masukan para validator. Tahap penerapan, peneliti menerapkan perangkat pembelajaran kepada peserta didik kelas IX di SMPN Satu Atap 4 Tungkal Ulu. Tahap evaluasi, peneliti mengevaluasi dan menilai seberapa besar keefektifan. (2) RPP dinyatakan “valid” dengan rata-rata total kevalidan sebesar 3,788, (3) LKPD dinyatakan “valid”sebesar 4,26 dari ahli materi dan 4 dari ahli media. Kata Kunci: pengembangan perangkat pembelajaran, menulis cerpen

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nuraini Detia Putri
Date Deposited: 19 Jan 2023 08:15
Last Modified: 19 Jan 2023 08:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44491

Actions (login required)

View Item View Item