Astari, Alifia Regita (2023) MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KOMPETENSI DASAR PERKALIAN DENGAN MEDIA PAPAN PERKALIAN PINTAR DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
REVISI5_SKRIPSI_ALIFIA REGITA ASTARI (Cetak).pdf - Published Version Download (4MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text
Halaman Cover.pdf Download (49kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (207kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (237kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (87kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
Abstract
ABSTRAK Astari, Regita Alifia. (2023). Meningkatkan Pemahaman siswa pada Pembelajaran Matematika Kompetensi Dasar Perkalian denganMedia Papan Perkalian Pintar di Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Yantoro, M.Pd. (II) Hendra Budiono, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Penggunaan Papan Perkalian Pintar, Pemahaman Perkalian Penelitian ini berdasarkan hasil pengamatan di SDN 07/X Muara Sabak Barat yang terdiri dari 21 siswa didapatkan siswa yang kurang paham mengenai perkalian, saat pembelajaran berlangsung siswa juga kurang merespon apa yang ditanyakan oleh guru karena siswa kurang memahami perkalian, terlihat hanya beberapa siswa saja yang antusias untuk menjawab dan jika dipersentasekan secara klasikal sebelum penggunaan media papan perkalian pintar hanya 32,4% saja siswa yag merespon. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas dan memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman anak dengan media papan perkalian pintar pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 07/X Muara Sabak Barat pada Mei dan Juni 2022. Data penelitian ini diambil dengan cara melakukan observasi perkalian dalam proses pembelajaran, melakukan tes kepada siswa, dan wawancara guru. Data pada penelitian ini dilakukan secara Kualitatif dan Kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan media papan perkalian pintar pada proses pembelajaran mampu meningkatkan pemahaman perkalian siswa. Peningkatan tersebut bisa terlihat pada analisis data setiap siklus pertemuan. Siklsus I pertemuan satu sebanyak 33,8%, siklus I pertemuan dua 37,6% dengan peningkatan sebesar 3,8%. Pada siklus II pertemuan satu 50,95% dengan peningkatan sebesar 13,35% dan pertemuan kedua 84,52% mengalami peningkatan sebesar 33,57%. Pada pratindakan ketuntasan klasikal 32,4%, pada tes siklus I ketuntasan klasikal 41,2% dengan peningkatan 8,8%, pada tes siklus II ketuntasan mencapai 73,80% dengan peningkatan 32,6%. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru mampu meningkatkan proses pembelajaran di kelas, sehingga pemahaman tentang perkalian siswa di kelas juga meningkat, guru disarankan agar dapat menggunkana media pembelajaran saat proses pembelajaran berlangsung, agar siswa tertarik dan berminat dalam mengikuti proses pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Papan Perkalian Pintar, Pemahaman Perkalian. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | ASTARI |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 03:20 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 03:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44495 |
Actions (login required)
View Item |