PEMBELAJARAN LESSON STUDY PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DENGAN PENDEKATAN STEM DI SMA N 11 MUARO JAMBI

Silitonga, Eva Asnita (2022) PEMBELAJARAN LESSON STUDY PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DENGAN PENDEKATAN STEM DI SMA N 11 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI_EVA ASNITA SILITONGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (197kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf

Download (412kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)
Official URL: http://repository.unja.com

Abstract

ABSTRAK Silitonga, Eva Asnita, 2022. Pembelajaran Lesson Study Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Dengan Pendekatan STEM Di SMA N 11 Muaro Jambi. Skripsi, Jurusan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Nova Susanti, S,Pd., M.Si, (II) Alrizal, S.Pd., M.Si Kata Kunci : Lesson study, STEM, TBLA, PPK, Keaktifan Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sikap PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) dan keaktifan belajar siswa kelas XI MIA 2 Muaro Jambi tahun ajaran 2022/2023 dalam penerapan pembelajaran lesson study pada materi elastisitas dan hukum hooke dengan pendekatan STEM. Penelitian ini dilakukan di SMA N 11 Muaro Jambi pada 6 September sampai 2 November 2022. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA 2 yang terdiri dari 32 siwa. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar catatan lapangan penelitian, rekaman, video pembelajaran dan dokumentasi.Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus lesson study. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus 1 dari analisis transkip pembelajaran secara keseluruhan dan penilaian sikap siswa yaitu dapat dikatakan cukup baik, tetapi tidak lepas dari beberapa kekurangan pada saat belajar dengan menggunakan Pendekatan STEM langkah-langkah pembelajarannya kurang maksimal dalam menerapkan pendekatan STEM, tetapi setelah melakukan refleksi dan memperbaiki proses pembelajaran pada siklus 2 didapatkan hasil seperti tujuan yang diharapkan oleh peneliti yaitu tercapainya penerapan lesson study dengan pendekatan STEM untuk mengidentifikasi sikap PPK dan keaktifan belajar siswa berbasis TBLA dengan baik dan siswa terlihat mulai aktif mengikuti pembelajaran sesuai yang diharapkan. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam mengidentifikasi sikap PPK siswa untuk setiap materi yang diajarkan, guru dapat mengetahui kendala siswa sehingga siswa tidak aktif dalam belajar dan bagaimana solusinya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lesson study, STEM, TBLA, PPK, Keaktifan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Silitonga
Date Deposited: 20 Jan 2023 01:38
Last Modified: 20 Jan 2023 01:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44515

Actions (login required)

View Item View Item