MENDESKRIPSIKAN KEAKTIFAN SISWA MENGGUNAKAN TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS PADA PEMBELAJARAN LESSON STUDY MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE

MARIA.M, JESICCA (2022) MENDESKRIPSIKAN KEAKTIFAN SISWA MENGGUNAKAN TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS PADA PEMBELAJARAN LESSON STUDY MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI _JESICCA MARIA.M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (199kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf

Download (344kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Maria, Jesicca, 2022. Mendeskripsikan keaktifan siswa menggunakan Transcript Based Lesson Analysis pada Pembelajaran Lesson study materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Skripsi, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Nova Susanti, S.Pd., M.Si, (II) Neneng Lestari, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Keaktifan Siswa, Transcript Based Lesson Analysis, Lesson Study, Pendidikan, Fisika Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika kurang bersemangat dan lebih banyak diam sehingga kurangnya suasana yang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan siswa menggunakan Transcript Based Lesson Analysis pada pebelajaran Lesson study materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Penelitian ini dilakukan di SMA N 11 Muaro Jambi dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI IPA 1 yang beranggotakan 35 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method dimana peneliti mengumpulkan data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh berupa dokumentasi seperti video/rekaman dengan proses pembelajaran lesson study menggunakan TBLA. Data kuantitatif yang diperoleh dalam penelitian ini berupa instrumen keaktifan belajar yang digunakan para observer untuk mengamati semua kegiatan peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa mendeskripsikan keaktifan siswa menggunakan Transcript Based Lesson Analysis pada pebelajaran Lesson study materi Elastisitas dan Hukum Hooke yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan tahpan plan, do, see. Indikator penilaian sikap diidentifikasi yakni religius, mandiri, kerjasama, dan integritas, selain indikator penilaian sikap peneliti juga melakukan penilaian keaktifan siswa, indikator keaktifan siswa diidentifikasi yakni kemampuan bertanya, menjawab dan argumentasi/solusi. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada penelitian ini hanya membahas bagaimana mendeskripsikan keaktifan siswa menggunakan TBLA pada pembelajaran Lesson study materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Oleh karena itu penelitian sejenis mengenai implementasi lesson study dapat meneliti proses pembelajaran lainnya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Siswa, Transcript Based Lesson Analysis, Lesson Study, Pendidikan, Fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: M
Date Deposited: 20 Jan 2023 01:37
Last Modified: 20 Jan 2023 01:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44531

Actions (login required)

View Item View Item