Ambarwati, Ria (2022) Pengembangan penuntun praktikum elektronik pada materi radiasi termal dan difraksi LASER dengan menggunakan adobe flash CS5.5. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (79kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (667kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXTT.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Dalam program studi pendidikan fisika kegiatan praktikum tersebut merupakan penunjang dalam menambah pemahaman konsep fisika. Selain itu, keterampilan mahasiswa dapat dilatih melalui eksperimen seperti keterampilan menggunakan alat-alat ukur, keterampilan memilih metode pengambilan data pengukuran yang tepat, keterampilan mengolah data pengukuran yang diperoleh dan sebagainya. Praktikum memegang peranan penting dalam membuktikan teori dalam mengkaji ilmu fisika. Materi fisika yang dipilih dalam penelitian ini adalah radiasi termal dan difraksi LASER. Dimana dari materi radiasi termal dan difraksi LASER ini cenderung bersifat abstrak dan sulit untuk dimengerti oleh mahasiswa sehingga diperlukan kemampuan berpikir kritis untuk dapat memahami materi tersebut Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum radiasi termal dan difraksi LASER berbasis keterampilan proses sains dengan menggunakan Adobe Flash CS5.5 sebagai penunjang kegiatan praktikum dilaboratorium universitas jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research And Development) dengan menggunakan model pengembangan four-D (4-D) yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Fisika Reguler A angkatan 2020 yang telah selesai mengontrak mata kuliah fisika modern. Berdasarkan tahapan penelitian tersebut diperoleh hasil presentase kelayakan oleh ahli materi sebesar 100%, ahli media sebesar 96,5%, respon mahasiswa 3,3 dan respon dosen 89,2%, sehingga penuntun praktikum dikategorikan “sangat baik” dan layak digunakan sebagai panduan kegiatan praktikum dilaboratorium berdasarkan hasil respon teknisi laboratorium. Berdasarkan hasil pengembangan dan uji oba yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum dibuat dengan softwere Adobe Flash CS5.5 pada materi radiasi termal dan difraksi LASER yan sudah dinyatakan layak untuk digunakan dalam mengukur tingkat pemahaman konsep mahasiswa pada praktikum radiasi termal dan difraksi LASER, hal ini didasari oleh hasil validasi tim ahli materi dan tim ahli media serta hasil uji coba dengan mahasiswa dapat dipercaya untuk digunakan dalam mengukur tingkat pemahaman konsep pada praktikum radiasi termal dan difraksi LASER.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penuntun Praktikum berbasis KPS, Radiasi Termal, Difraksi LASER, Adobe Flash CS5.5 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | ambarwati |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 02:51 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 02:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44539 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |