LESTARI, RAHAYU KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL SISWA KELAS VII H SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2017/2018. KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL SISWA KELAS VII H SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2017/2018. (Submitted)
![]() |
Text
ARTIKEL RAHAYU.pdf Download (102kB) |
Abstract
ABSTRAK Lestari, Rahayu. 2018. Kemampuan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII H SMP Negeri 8 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Kamaruddin, M.Pd. (2) Drs. H. Larlen, M.Pd. Kata kunci : kemampuan, menulis, teks fabel Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII H SMP Negeri 8 Kota Jambi. Manfaat penelitian adalah dasar untuk mengembangkan pembelajaran menulis sehingga pemahaman terhadap teks fabel dapat ditingkatkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 31 orang siswa yang diambil dari siswa kelas VII H SMP Negeri 8 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis berupa soal dalam menentukan unsur intrinsik teks fabel. Teknik dalam menganalisis data dalam penelitian ini (1) menilai satu persatu tulisan siswa oleh penilai 1 (Guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII H SMP Negeri 8 Kota Jambi) dan penilai 2 (Peneliti). (2) Hasil tulisan siswa dianalisis berdasarkan indikator yang ada dalam silabus pembelajaran kelas VII H. Indikator yang dimaksud adalah : 1. Mampu menulis teks fabel berdasarkan unsur intrinsik yang dibaca dan didengar. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII H SMP Negeri 8 Kota Jambi berpredikat mampu. Hal ini dapat diketahui dari hasil pengelolaan data kemampuan menulis teks fabel. Dari hasil pengelolaan data tersebut, dapat diketahui kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII H SMP Negeri 8 Kota Jambi berkualitas mampu. Hal ini terbukti dengan diperolehnya rata-rata dari penilai 1 dan penilai 2 sebesar 76.4. Nilai tersebut dilihat dari tabel interval nilai yang berada pada interval 75-84. Interval nilai tersebut menurut tabel konversi nilai itu berkualitas mampu. Secara rinci nilai tersebut diperoleh dari unsur intrinsik fabel dengan nilai rata-rata 76.4 berpredikat mampu. Dari kemampuan siswa tersebut mencapai 76.4 berdasarkan tabel distributor penilaian interval nilai rata-rata kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII H SMP Negeri 8 Kota Jambi terdapat pada interval 75-84 dan berkriteria mampu. Ditinjau dari ketuntasan kriteria minimal (KKM) di SMP Negeri 8 Kota Jambi yaitu 75 nilai 76.4 termasuk nilai yang berkriteria tuntas.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | RAHAYU LESTARI |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 03:46 |
Last Modified: | 06 Jun 2018 03:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4454 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |