PENGARUH PERAN ORANG TUA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SETELAH MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 6KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2022/2023

SUSANTI, RITA (2023) PENGARUH PERAN ORANG TUA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SETELAH MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 6KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (659kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (39kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (260kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Pengaruh Peran Orang Tua Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Setelah Mas Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 6 Kota Jambi Tahun Ajaran 2022/2023 SMK Negeri 2 Kota Jambi Nama : RITA SUSANTI NIM : RRA1E115031 Pembimbing 1 : Drs. Nelyahardi, M.Pd Pembimbing 2 : Fellicia Ayu Sekonda, S.Psi., M.Pd Pendidikan bermutu merupakan hak setiap warga negara serta orang tua memiliki peran kuat dalam memberikan pendidikan dasar kepada anak serta pemerintah wajib untuk mendukung hal ini dengan memberikan akses serta menjamin pendidikan terselenggara secara bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas peran orang tua siswa setelah masa pandemi, kualitas hasil belajar siswa, dan pengaruh perang orang tua terhadap hasil belajar setelah pandemi. Peran orang tua dalam penelitian ini adalah tugas utama atau kewajiban yang harus dilaksanakan oleh orang tua kepada anaknya dilihat dari Orang tua sebagai fasilitator. Selain itu Hasil belajar siswa adalah nilai harian siswa di SMP Negeri 6 Kota Jambi yang tertulis dalam rapor semester tahun pelajaran 2022 Dalam penelitian ini menggunakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 70 siswa. Analisis yang dilakukan menggunakan tehnik analisis regresi linier sederhana dan pengolahan analisis regresi menggunakan bantuan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas Peran Orang tua berada pada Kualitan “Sangat Baik” dengan persentase sebesar 80,60 %. Kualitas Hasil Belajar berada pada klasifikasi “Baik” dengan persentase sebesar 77,80 %. Sedangkan Koefisien determinasi yang dimiliki oleh variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 0,947 dengan tafsiran pengaruh parsial mengunakan determinasi berada pada kriteria Sangaat Tinggi atau Sangat Kuat. Dengan kata lain, variabel X mempengaruhi variabel Y sebesar 0,947 atau dengan persentasi 94,7 %. Dari gambaran tersebut, dapat membantu guru Bimbingan dan Konseling untuk mengembangkan layanan Bimbingan dan Konseling untuk selanjutnya dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan melakukan berbagai pembaharuan sistem dengan fokus pengembangan potensi siswa. Kata Kunci: Peran Orang tua, Hasil Belajar

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang tua, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Susanti
Date Deposited: 20 Jan 2023 07:29
Last Modified: 20 Jan 2023 07:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44592

Actions (login required)

View Item View Item