Widia Permata Sari, Rts (2022) PENGARUH PENGENDALIAN DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (11MB) |
Abstract
Keberhasilan suatu pendidikan dapat diukur dengan sejauh mana pemahaman peserta didik terhadapnmateri yang telah disampaikan oleh guru dikelas. Kualitas pendidikan tidak terlepas dari kualitas proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman yang dimiliki oleh siswa kelas IX SMP Negeri 7 Muaro Jambi yang ditinjau dari Pengendalian Diri dan Kemandirian Belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif yang bersifat ex post facto. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Muaro Jambi pada 14 Maret 2022. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada Siswa Kelas IX. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung pengendalian diri sebesar 4,547 lebih besar dari ttabel 1,654. Sedangkan kemandirian belajar memiliki nilai thitung sebesar 0,995 kurang dari nilai ttabel yaitu 1,654. Kemudian banyak siswa yang memiliki tingkat pemahaman termasuk dalam kategori rendah hal ini dikarenakan kurangnya siswa dalam mengontrol emosi dalam mengendalikan diri serta kemandirian belajar yang masih kurang signifikan dalam meningkatkan pemahaman. Tingkat Pemahaman yang dicapai sebesar 12,9% yang dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu Pengendalian Diri dan Kemandirian Belajar. Sebanyak 87,1% dipengaruhi oleh faktor eksternal. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan adanya pengaruh antara pengendalian diri dan kemandirian belajar terhadap tingkat pemahaman siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di SMPN 7 Muaro jambi dan disarankan kepada peserta didik, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dirinya untuk mandiri dalam belajar dan mampu meningkatkan pengetahuan belajarnya meskipun dalam kondisi susah mengontrol diri ataupun kurangnya kemadirian belajar. Kata Kunci: Pengendalian Diri, Kemandirian Belajar, Tingkat Pemahaman
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengendalian Diri, Kemandirian Belajar, Tingkat Pemahaman |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | SARI |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 07:05 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 07:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44607 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |