Hubungan Modal Sosial Dengan Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Studi Independen Bersertifikat E-Commerce Power Academy Angkatan 1

Marsalenah, Yeni (2022) Hubungan Modal Sosial Dengan Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Studi Independen Bersertifikat E-Commerce Power Academy Angkatan 1. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (178kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (59kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Terlepas dari pertumbuhan ekonomi digital, tingkat pengangguran di Indonesia masih cukup tinggi. Intensi wirausaha yang rendah menjadi salah satu penyebab banyaknya pengangguran, sehingga diharapkan mahasiswa yang mengikuti SIB e-commerce lebih siap di industri wirausaha. Modal sosial dipercaya sebagai salah satu faktor untuk meningkatkan intensi berwirausaha mahasiswa, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti hubungan modal sosial dengan intensi berwirausaha pada mahasiswa. Tujuan: Untuk melihat hubungan modal sosial dengan intensi berwirausaha pada mahasiswa studi independen bersertifikat e-commerce Power Academy. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa studi independen bersertifikat e-commerce Power Academy. Pengambilan sampling menggunakan random sampling dengan sampel sebanyak 121 orang. Instrumen pengumpulan data adalah skala modal sosial dan intensi berwirausaha. Analisis data menggunakan Pearson’s Product Moment. Hasil: Ditemukan adanya hubungan positif signifikan antara modal sosial dengan intensi berwirausaha pada mahasiswa peserta program studi independen bersertifikat e-commerce dengan r sebesar 0,554 p value <0,001. Ditemukan hubungan positif signifikan antara dimensi modal sosial struktural dengan intensi berwirausaha, modal sosial relasional dengan intensi berwirausaha, dan modal sosial kognitif dengan intensi berwirausaha. Kesimpulan: Terdapat hubungan positif signifikan antara modal sosial dengan intensi berwirausaha mahasiswa studi independen e-commerce dimana modal sosial memberikan sumbangan efektif sebesar 31% terhadap intensi berwirausaha. Kata Kunci: Modal Sosial, Intensi Berwirausaha, Studi Independen Bersertifikat E-Commerce Background: Despite the growth of the digital economy, Indonesia's unemployment rate is still quite high. Low entrepreneurial intention is one of many reasons that contributes to unemployment, so it is expected that students in SIB ecommerce programs will be better prepared in the entrepreneurship industry. Social capital is believed to be one of the factors for increasing student entrepreneurial intention, so researchers are interested in examining the correlation between social capital and entrepreneurial intention. Purpose: This research aimed to see the relationship between social capital and entrepreneurial intention in studi independen bersertifikat e-commerce Power Academy students Methods: This study used a correlation quantitative approach. The population of this research was studi independen bersertifikat e-commerce Power Academy students. Sampling using random sampling with a sample of 121 people. Data collection instruments were social capital scale and entrepreneurial intentions. Data analysis using Pearson's Product Moment. Result: It was found that there was a significant positive relationship between social capital and entrepreneurial intentions in students participating in independent e-commerce certified study programs with an r of 0.554 p value <0.001. A significant positive relationship was found between the dimensions of structural social capital and entrepreneurial intentions, relational social capital and entrepreneurial intentions, and cognitive social capital and entrepreneurial intentions. Conclusions: There is a significant positive relationship between social capital and entrepreneurial intentions of e-commerce independent study students where social capital makes an effective contribution of 31% to entrepreneurial intentions. Keywords: Social Capital, Entrepreneurial Intention, Studi Independen Bersertifikat E-Commerce

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modal Sosial, Intensi Berwirausaha, Studi Independen Bersertifikat E-Commerce
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Marsalenah
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:46
Last Modified: 24 Jan 2023 03:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44619

Actions (login required)

View Item View Item