UJI VALIDITAS ISI MODUL KONSELOR SEBAYA VIA DARING ‘KOVID’ SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING SISWA MAN 2 KOTA JAMBI

Novitasari, Jihan (2022) UJI VALIDITAS ISI MODUL KONSELOR SEBAYA VIA DARING ‘KOVID’ SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING SISWA MAN 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI JIHAN NOVITASARI (G1C117022).pdf

Download (8MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (117kB)
[img] Text
lembar persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Selama pandemi Covid-19 kegiatan sekolah dilaksanakan dari rumah. Namun proses pembelajaran tersebut tidak efektif untuk peserta didik. Dalam kondisi seperti ini banyak remaja yang membutuhkan dukungan psikologis untuk melangsungkan aktifitasnya tanpa ada rasa tertekan untuk menjaga kesehatan psikisnya. Metode Penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan uji validitas isi. Validator penelitian ditentukan secara purposive. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil Penelitian ini menunjukan validasi isi modul dengan rentang skor bergerak pada angka 0,50 – 0,83. Berdasarkan hasil uji validitas modul KOVID termasuk kedalam kriteria valid dengan beberapa saran dan perbaikan oleh validator. Kriteria yang telah disusun akan dinilai berdasarkan aspek materi, penyajian, bahasa serta kemudahan dalam pelaksanaan. Kesimpulan, Modul KOVID sebagai strategi penguatan psychological wellbeing siswa MAN 2 Kota Jambi dinyatakan valid secara isi. Modul diharapkan dapat menjadi solusi penguatan psychological well-being siswa tingkat sekolah menengah di Kota Jambi. During the Covid-19 pandemic, school activities conducted from home. However, the learning process is not effective for the students under these conditions, there are many teenagers who need psychological support to continue their activities without feeling pressured to maintain their psychological well-being. Method, This study uses a descriptive study with content validity test. Research validators determined purposively. Data analysis used in this research is descriptive analysis. Results, this study shows the validation of module content with a range of scores moving at 0.50 – 0.83. Based on the results of the KOVID module validity test, it is included in the valid criteria with several suggestions and improvements by the validator. The prepared criteria that have been evaluated in terms of content, presentation, language and ease of implementation.Conclusion, the KOVID module as a strategy to strengthen the psychological well-being of MAN 2 Jambi City students be avowed valid in its content. The module are expected to be a solution to strengthen the psychological well-being of high school students in Jambi City.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Validitas modul, psychological well-being, siswa sekolah menengah atas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Novitasari
Date Deposited: 25 Jan 2023 07:05
Last Modified: 25 Jan 2023 07:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44630

Actions (login required)

View Item View Item