kholisoh, nur (2022) hubungan persepsi body image dan perilaku konsumtif dalam membeli produk kosmetik pada mahasiswi fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan universitas jambi. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
file skripsi nur kholisoh G1C117055 13 fix bgt bgt.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
cover skripsi.pdf Download (18kB) |
![]() |
Text
pengesahan dan persetujuan skripsi.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
Daftra Pustaka.pdf Download (234kB) |
Abstract
HUBUNGAN PERSEPSI BODY IMAGE DAN PERILAKU KONSUMTIF DALAM MEMBELI PRODUK KOSMETIK PADA MAHASISWI FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI ¹ Nur Kholisoh,²Jelpa Periantalo,³Marlita Andhika Rahman ¹Program Studi Psikologi, Universitas Jambi/ nurkholisah549@gmail.com ²Program Studi Psikologi, Universitas Jambi/ jelp.848@unja.ac.id ³Program Studi Psikologi, Universitas Jambi/ marlita.rahman@unja.ac.id ABSTRAK Latar Belakang : Perkembangan produk kosmetik yang semakin pesat, penggunaan produk kecantikan terus meningkat setiap tahunnya merupakan salah satu dorongan dari wanita untuk memiliki penampilan menarik. Kebanyakan wanita memiliki perhatian yang besar terhadap penampilan fisik mereka. Oleh karena itu, mahasiswi sering membandingkan penampilan fisik, khususnya bentuk tubuh mereka, dengan bentuk tubuh wanita lain yang lebih menarik Tujuan : Penelitian ini untuk mengetahui gambaran hubungan antara persepsi body image dan perilaku konsumtif dalam membeli produk kosmetik pada mahasiswi Fakulatas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode korelasi. Sampel penelitian sebanyak 95 Mahasiswi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi diperoleh dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan uji coba penelitian dan pengambilan data dilakukan secara online menggunakan google form. Reliabilitas Skala Body Image sebesar 0.820 sedangkan Skala Perilaku Konsumtif sebesar 0.839. Hasil : Hubungan Body Image dengan Perilaku Konsumtif pada mahasiswi FKIK universitas jambi menghasilkan korelasi yang positif signifikan nilai r 0,482 serta p value <0,05. Yang mempunyai arti ketika Body Image nya tinggi maka Perilaku Konsumtif nya juga tinggi, demikian juga sebaliknya. Kesimpulan dan saran : Terdapat hubungan antara Body Image dan Perilaku Konsumtif mahasiswi FKIK Universitas Jambi. Oleh karena itu diharapkan kepada semua pihak yang berkaitan untuk bersama-sama menngadakan program yang bertujuan untuk mengembangkan pemikiran positif atas apa yang telah dimiliki dan tidak menilai secara berlebihan terhadap dirinya sendiri, dan pentingnya mencintai diri sendiri. Kata kunci : Mahasiswi, Produk Kosmetik, Body Image, Perilaku Konsumtif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mahasiswi,produk kosmetik,persepsi body image,perilaku konsumtif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi |
Depositing User: | KHOLISOH |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 07:07 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 07:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44648 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |