MENINGKATKAN AKTIVITAS EMOSIONAL SISWA MENGGUNAKAN MODEL WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SD

TRISNA, TRISNA MENINGKATKAN AKTIVITAS EMOSIONAL SISWA MENGGUNAKAN MODEL WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SD. JURNAL MENINGKATKAN AKTIVITAS EMOSIONAL SISWA MENGGUNAKAN MODEL WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SD.

[img] Text
ARTIKEL TRISNA bhs indo.pdf

Download (503kB)

Abstract

MENINGKATKAN AKTIVITAS EMOSIONAL SISWA MENGGUNAKAN MODEL WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SD By: TRISNA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI MEI, 2018 ABSTRACT Trisna. 2018. Meningkatkan Aktivitas Emosional Siswa Menggunakan Model Word Square (Kotak Kata) pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SD. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Drs. Arsil, M.Pd: Pembimbing II Muhammad Sofwan, M.Pd. Penelitian ini berlatar belakang bahwa pada kenyataan masih rendahnya aktivitas belaja siswa terutama pada aktivitas emosional siswa. Ditemukanbahwa proses pembelajaran yang berlangsung masih banyak peserta didik yang terlihat kurang antusias mengikuti pembelajaran, masih terdapat siswa yang merasa bosan, bahkan mengantuk saat belajar. Saat mengerjakan latihan siswa seringkali ribut dan bermain sehingga latihan yang diberikan pun tidak selesai hanya beberapa yang mengerjakan dan menyelesaikan, Semangat siswa yang kurang dalam mengerjakan tugas yang diberikan, rasa gembira siswa pun tidak tampak saat pembelajaran, siswa hanya mendengarkan materi yang disampaikan guru lalu mengerjakan soal latihan yang ada di buku paket. Banyaknya siswa yang keluar masuk kelas pun menunjukkan bahwa siswa belum menaruh minat terhadap belajar Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, data yang dikumpulkan berupa data observasi aktivitas belajar siswa, dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas emosional siswa menggunakan model word square. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan model word square dapat meningkatkan aktivitas emosional siswa kelas IIIB SD Muara Bulian. Berdasarkan lembar observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan sebesar 25%. Hasil observasi siklus 1 sebesar 55,38% ,sedangkan pada siklus II hasil observasi aktivitas belajar siswa sebesar 81,10%. Berdasarkan dengan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model word square dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IIIB SD Muara Bulian dengan peningkatan 25%. Keywords: student emotional activity,Word Square Model

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: TRISNA
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:54
Last Modified: 06 Jun 2018 04:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4465

Actions (login required)

View Item View Item