Anggraini, Dian (2022) Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan Bagi Suku Anak Dalam Di Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
BAB I-1.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
BAB V-1.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
COVER DIAN FITRIA.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
skripsi Dian Fitria Anggraini (3).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
pengesahan dian fitria.pdf Download (260kB) |
Abstract
ABSTRAK DIAN FITRIA ANGGRAINI. Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan Bagi Suku Anak Dalam Di Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam. Dibimbing oleh bapak Dr. Fuad Muchlis S.P., M.Si. dan bapak Ir. Elwamendri, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mengetahui pelayanan administrasi kependudukan terhadap komunitas Suku Anak Dalam di Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam. (2) Menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat Bagi Suku Anak Dalam Di Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam dalam memperoleh Identitas Kependudukan. (3) Menganalisis kualitas pelayanan administrasi kependudukan terhadap komunitas Suku Anak Dalam di Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bukit Suban dengan jumlah informan sebanyak 10 orang baik dari pihak desa, camat, beberapa tokoh dan masyarakat SAD. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data interaktif menggunakan konsep pelayanan administrasi kependudukan dan konsep penghidupan masyarakat SAD. Hasil penelitian ini menunjukan (1) Aparat Desa Bukit Suban telah melakukan pelayanan administrasi secara prima, dengan perlakuan secara khusus yang ditujukan kepada SAD, serta penyediaan sarana dan prasarana secara lengkap mempermudah masyarakat SAD dalam memiliki identitas kependudukan. (2) Faktor pendukung masyarakat SAD untuk melakukan perekaman identitas penduduk adalah: tersedianya fasilitas, kebutuhan di bidang ekonomi, dan lingkungan. Faktor penghambat masyarakat SAD dalam mendapatkan identitas kependudukan adalah: kurangnya pendidikan atau pengetahuan tentang pentingnya KK dan KTP, akses yang tidak memadai serta budaya yang masih sangat kental. (3) Aparat Desa Bukit Suban telah melakukan pelayanan administrasi secara prima, pelayanan dari segi bukti fisik (tangible) yang telah mendatangkan DUKCAPIL Sarolangun. Kehandalan (reliability), masyarakat SAD merasa puas dengan pelayanan pemerintah desa. Daya tanggap (responsiveness) pegawai membantu masyarakat SAD yang membutuhkan pelayanan. Jaminan (Assurance) memberikan rasa aman bagi masyarakat SAD untuk melakukan perekaman dan pengisian data. Dan empati (empathy), yaitu dengan memberikan kesan yang peduli terhadap masyarakat SAD. Kata Kunci : Masyarakat SAD, Pelayanan Administrasi Kependudukan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Masyarakat SAD, Pelayanan Administrasi Kependudukan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Anggraini |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 07:58 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 05:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44673 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |