IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR

MAHARANI, LIA IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR. JURNAL IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI LIA.pdf

Download (367kB)

Abstract

ABSTRAK Maharani, Lia. 2018. Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. H. Eko Kuntarto, M.Pd,, M.Comp. Eng., (II) Ahmad Hariandi S.Pd.I M.Ag. Kata Kunci: Implementasi, Gerakan Literasi Sekolah Dasar GLS merupakan upaya yang berbentuk kegiatan partisipatif dengan melibatkan warga sekolah agar peserta didik terbiasa membaca. Berbagai penelitian yang mengatakan bahwa kemampuan literasi pelajar di Indonesia cukup memprihatinkan. Berdasarkan pengamatan penulis, perpustakaan yang seharusnya dijadikan tempat untuk membaca buku hanya dijadikan tempat menyimpan buku saja. Maka dengan GLS ini di harapkan kemampuan literasi membaca peserta didik mengalami peningkatan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru tentang GLS dan untuk mendeskripsikan pelaksanaan yang guru lakukan untuk menunjang gerakan literasi di Sekolah Dasar. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menguraikan, menggambarkan, menggali dan mendeskripsikan yang berkaitan dengan penelitian ini. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru tentang gerakan literasi di Sekolah Dasar tersebut cukup baik, dan disesuaikan dengan kemampuan peserta didik, sedangkan pelaksanaan yang guru lakukan di kelas I A masih difokuskan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis serta untuk meningkatkan kepercayaan diri yaitu melalui kegiatan menyanyikan lagu wajib Nasional, membaca buku cerita bergambar secara bergantian yang di sediakan di pojok baca dan perpustakaan, sedangkan pelaksanaan GLS di kelas IV A kegiatan yang dilakukannya adalah membaca surat pendek, menyanyikan lagu wajib Nasional, dan membacakan perkalian. Simpulan dari hasil temuan di atas yaitu Sekolah Dasar tersebut dalam pelaksanaannya tidak hanya dalam bidang ilmu bahasa dan sastra, matematika, dan sains saja akan tetapi juga dalam bidang agama dan SBdP. Hal ini tampak pada kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan literasi di kelas meskipun belum maksimal.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: LIA MAHARANI
Date Deposited: 06 Jun 2018 05:11
Last Modified: 06 Jun 2018 05:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4471

Actions (login required)

View Item View Item