Wenda, Etron (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA BACA DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI_ETRON WENDA.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (23kB) |
Abstract
Etron,Wenda. 2022. Strategi Guru Dalam Mengembangkan Budaya Bacadi Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: strategi guru, mengembangkan, budaya baca Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru di SDN 111/I Muara Bulian dalam mengembangkan budaya baca di sekolah. Penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan observasi kegiatan guru dan lingkungan sekolah (sebagai data utama) dan wawancara dengan guru kelas (sebagai data penunjang). Adapun subjek penelitian ini adalah guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di sekolah ini telah melakukan berbagai strategi yang baik untuk mengembangkan budaya baca di sekolah dan diperolah hasil yang baik pula dimana telah terbentuk kebiasaan membaca peserta didik. Strategi yang dilakukan diantaranya kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, penyediaan koleksi bacaan yang tepat bagi peserta didik, mengoptimalkan fungsi perpustakaan perpustakaan sekolah, menyediakan sudut baca disetiap kelas, teras membaca yang nyaman, menciptakan lingkungan yang kaya teks, serta menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Strategi yang digunakan guru untuk mengembangkan budaya baca berbeda antara kelas rendah dan kelas tinggi pada tahapan pelaksanaannya. Di kelas rendah pelaksanaan kegiatan membaca 15 menit dilaksanakan dengan guru yang membacakan cerita di depan kelas dan buku bacaan yang digunakan biasanya buku berukuran besar dilengkapi beberapa kalimat sederhana. Lain halnya di kelas tinggi yang kegiatan membaca 15 menit umumnya dilakukan dengan teknik membaca senyap dimana guru dan peserta didik berada ditempat masing-masing dan membacabukunya sendiri. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu strategi yang dilakukan guru terlihat sudah menunjukkan hasil yang baik seperti terbentuknya kebiasaan dan kesadaran peserta didik dalam membaca serta memanfaatkan jam kosong mereka untuk membaca sukarela tanpa adanya paksaan. Hasil baik yang diperolehini merupakan buah dari kerja keras guru yang dibantu berbagai pihak lain
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi guru, mengembangkan, budaya baca |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Wenda |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 04:33 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 04:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44782 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |