PENGARUH MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY TERHADAP PRAKTEK PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SEKOLAH DASAR

Kartika Ningsih, Silvia (2023) PENGARUH MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY TERHADAP PRAKTEK PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Halaman judul_cover.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang melakukan proses pembelajaran berintegrasi dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Untuk mengetahui niat perilaku dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dilakukan guru pada proses pembelajaran dengan menggunakan model Unified Theory Of Acceptance and Use Of Technology (UTAUT). Penelitian ini dibatasi dalam ruang lingkup komponen UTAUT yaitu Harapan Peningkatan Kinerja, Harapan Peningkatan Usaha, Pengaruh Sosial, dan Kondisi yang Mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Unified Theory Of Acceptance and Use Of Technology terhadap praktek penerapan TIK oleh guru sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada guru di SDN 47/IV Kota Jambi, SDN 66/IV Kota Jambi dan SDIT Al Azhar Kota Jambi. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di 3 sekolah tersebut yang berjumlah 130. Analisis data pada penelitian ini menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 4 komponen dari model Unified Theory Of Acceptance and Use Of Technology (UTAUT) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan TIK oleh guru pada proses pembelajaran. Komponen dari model UTAUT yang sangat berpengaruh pada penggunaan TIK oleh guru pada proses pembelajaran adalah Kondisi yang Mendukung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Unified Theory Of Acceptance and Use Of Technology (UTAUT) memiliki pengaruh terhadap penggunaan TIK oleh guru sekolah dasar pada proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teknologi Informasi dan Komunikasi, Model Unified Theory Of Acceptance and Use Of Technology, Proses Pembelajaran, PLS-SEM.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Ningsih
Date Deposited: 08 Feb 2023 06:40
Last Modified: 08 Feb 2023 06:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44839

Actions (login required)

View Item View Item