PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL BERBASIS KARTUN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II SEKOLAH DASAR

SRI DEWI, PUJA (2018) PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL BERBASIS KARTUN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II SEKOLAH DASAR. PENGEMBANAN MEDIA VISUAL BERBASIS KARTUN PEMBELAJARAN MATEMATIKA, 1.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (192kB)

Abstract

ABSTRAK Dewi, Puja Sri. 2018. Pengembangan Media Visual Berbasis Kartun Pembelajaran Matematika di Kelas II Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Suci Hayati, S.Pd, M.Pd., Kata kunci: Pengembangan, Media Kartun Pembelajaran Matematika, Pembelajaran Matematika Penelitian ini adalah penelitian pengembangan media visual berbasis kartun pembelajaran matematika di kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pengembangan kartun pembelajaran matematika, dan bagaimana kelayakan kartun pembelajaran matematika dilihat dari kevalidan, kemenarikan dan keefektifan kartun pembelajaran matematika. Penelitian pengembangan ini menggunakan Model pengembangan Dick and Carey. Prosedur pengembangan melalui sepuluh tahap yaitu analisis kebutuhan, analisis pembelajaran, analisis peserta didik, merumuskan tujuan pembelajaran, mengembangkan instrumen penilaian, mengembangkan strategi instruksional, mengembangkan dan memilih bahan media, merancang dan melakukan evaluasi formatif, melakukan revisi, evaluasi sumatif. Hasil penelitian ini berupa prosedur pengembangan yang menghasilkan kartun pembelajaran matematika yang layak dilihat dari kevalidan, kemenarikan dan keefektifan. Hasil validasi dilakukan oleh para ahli diperoleh hasil dari 88,1% dari ahli desain media dan 94% dari ahli pembelajaran, dengan kategori layak tanpa perlu direvisi. Setelah itu dilakukan uji coba kelompok kecil, dengan hasil bahwa kartun pembelajaran matematika menarik . Hasil uji coba lapangan, ada kenaikan ketuntasan keseluruhan dari hasil belajar dari sebelum menggunakan media kartun pembelajaran matematika yaitu 6,54% menjadi 85,4% sesudah menggunakan kartun pembelajaran matematika. Dengan demikian terbukti bahwa hasil pengembangan media visual berbasis kartun pembelajaran matematika ini efektif. Kesimpulan penelitian ini ada dua yaitu pertama, mengetahui prosedur pembuatan produk dengan hasil berupa media kartun pembelajaran matematika. kedua, media kartun pembelajaran matematika ini layak dilihat kevalidan, kemenarikan dan kefektifan.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: PUJA SRI DEWI
Date Deposited: 08 Jun 2018 02:58
Last Modified: 08 Jun 2018 02:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4485

Actions (login required)

View Item View Item