Arianto, Luky (2023) Penerapan Teknik Desensitisasi Sistematis Dalam Mengatasi Learned Helplessness Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 22 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
cover.pdf Download (59kB) |
|
Text
PENGESAHAN (2).pdf Download (318kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (276kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (252kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Learned helplessness adalah sikap yang dimunculkan oleh individu bahwa ia merasa putus asa, pesimis, pasrah maupun menyerah untuk menghindari kemungkinan terbutuk yang akan terjadi nantinya. Berdasarkan pengamatan dan wawancara pada tanggal 14 Februari 2022 di SMP Negeri 22 Kota Jambi di Kelas VIII ditemukan 8 orang siswa yang tergolong ke siswa yang mengalami learned helplessnes seperti siswa sulit melihat peluang, memiliki sikap yang pasif, memiliki perilaku rendahnya akan keberhasilan, menganggap dirinya tidak memiliki kemampuan, berkurangnya usaha siswa, siswa memilih untuk berperilaku tidak lagi berusaha(mudah menyerah). Dengan penggunaan teknik desensitisasi sistematis dalam bimbingan kelompok dapat mengurangi tingkat learned helplessness pada siswa dengan klien didorong untuk mengendalikan pikiran, mengurangi perasaan sensitif terhadap masalah yang dihadapinya. Teknik ini memberikan peluang kepada klien untuk bisa melewati kondisi sulit dengan fisik yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengatasi learned helplessness siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik desensitisasi sistematis di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan layanan (PTL). Kriteria pengambilan sampel (subjek penelitian) yaitu purposive sampling dengan jumlah 8 orang kelas VIII. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 2 tindakan dan 1 tindakan. Penelitian ini terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru bimbingan dan konseling yang ada di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa learned helplessness siswa dapat diatasi dengan menggunakan teknik desensitisasi sistematis melalui bimbingan kelompok diperoleh peningkatan sebesar 31%. Perolehan hasil dari siklus pertama tindakan pertama dengan presentase keseluruhan 63%. Perolehan hasil dari tindaan kedua dengan persentase 49,5%. Perolehan hasil dari siklus kedua dengan persentase 31%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu guru BK dalam mengatasi learned helplessnes pada siswa dalam aspek perkembangan diri siswa menjadi lebih baik. Kata Kunci : Learned Helplessness, Bimbingan kelompok, Teknik Desensitisasi sistematis Learned helplessness is an attitude that is raised by individuals that they feel hopeless, pessimistic, resigned or give up to avoid the worst possibility that will happen later. Based on observations and interviews on February 14 2022 at SMP Negeri 22 Jambi City in Class VIII it was found that 8 students who were classified as students who experienced learning difficulties such as students who had difficulty seeing opportunities, had a passive attitude, had low behavior would be successful, considered themselves to have no ability, reduced student effort, students choose to behave no longer try (give up easily). With the use of systematic desensitization techniques in the guidance group can reduce the level of helplessness that is learned in students with clients encouraged to control thoughts, reduce feelings of sensitivity to the problems they face. This technique provides an opportunity for clients to be able to get through difficult conditions with a good physique. The purpose of this research is to overcome the helplessness that students learn through group guidance services using systematic desensitization techniques at SMP Negeri 22 Jambi City. This type of research is service action research (PTL). Sampling criteria (research subjects) namely purposive sampling with a total of 8 class VIII people. This research was conducted in 2 cycles and each cycle consisted of 2 actions and 1 action. This study consists of four competencies for each cycle, namely planning, implementing, evaluating, and reflecting. This research was carried out collaboratively between researchers and guidance and counseling teachers at SMP Negeri 22 Jambi City. The results of this study indicate that learning student helplessness can be overcome by using systematic desensitization techniques through group guidance, an increase of 31%. The results obtained from the first cycle of the first action with an overall percentage of 63%. Obtain results from the second action with a proportion of 49.5%. Obtain results from the second cycle with a proportion of 31%. The results of this study are expected to help counseling teachers in overcoming the powerlessness learned in students in the aspect of student self-development for the better. Keywords: Learned Helplessness, Group Guidance, Systematic Desensitization Techniques
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learned Helplessness, Bimbingan kelompok, Teknik Desensitisasi sistematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | ARIANTO |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 03:18 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 03:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44853 |
Actions (login required)
View Item |