PRAVITA HALIM, CLAUDIA PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE RANTAI MAKANAN BERBASIS METODE MONTESSORI KELAS IV SEKOLAH DASAR. PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE RANTAI MAKANAN BERBASIS METODE MONTESSORI KELAS IV SEKOLAH DASAR. (Submitted)
![]() |
Text
ARTIKEL CLAUDIA.pdf Download (315kB) |
Abstract
ABSTRAK Halim, Pravita Claudia. 2018. “Pengembangan Media Puzzle Rantai Makanan Berbasis Metode Montessori Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Drs. Andi Suhandi, M.Pd.I. Pembimbing II Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Media Puzzle, Rantai Makanan, Metode Montessori Berdasarkan hasil observasi, dalam proses pembelajaran IPA dikelas IV SDN 198/1 Pasar Baru masih memiliki kendala dan keterbatasan khususnya materi rantai makanan. Media pembelajaran yang tersedia dikelas hanya berupa poster gambar rantai makanan didarat. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian pengembangan media puzzle rantai makanan berbasis metode montessori di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur, kevalidan, kepraktisan, keefektifan media puzzle rantai makanan berbasis metode montessori. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan yaitu berupa angket, wawancara dan tes. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan (1) langkah-langkah atau prosedur pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). (2) validitas dalam pengembangan ini memperoleh nila rata-rata 4,76 untuk validasi media dan 4,19 untuk validasi pembelajaran dengan kategori sangat valid. (3) kepraktisan dalam pengembangan ini diperoleh berdasarkan hasil wawancara siswa berupa respon positif yang menyatakan media praktis digunakan, . (4) keefektifan dalam pengembangan ini diperoleh berdasarkan hasil tes yang dilakukan oleh siswa sebelum dan sesudah menggunakan media, dengan mencari data peningkatan hasil belajar siswa menggunakan rumus N-Gain yang memperoleh peningkatan sebesar 0,622 termasuk kedalam klasifikasi sedang, yang menyatakan bahwa media puzzle rantai makanan efektif. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan, pengembangan media puzzle rantai makanan berbasis metode montessori di kelas IV SDN 198/1 Pasar Baru layak digunakan sebagai media pembelajaran materi rantai makanan. Media pembelajaran dapat membuat siswa menjadi antusias, tertantang dan mandiri dalam belajar.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | CLAUDIA PRAVITA H |
Date Deposited: | 07 Jun 2018 01:44 |
Last Modified: | 07 Jun 2018 01:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4488 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |