Utami, Putri (2022) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BOKAR DI KECAMATAN BAJUBANG KABUPATEN BATANGHARI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (522kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (358kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi pemasaran bokar, saluran pemasaran bokar, margin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan dan biaya, serta menganalisis perbedaan farmer’s share yang diterima petani pada setiap saluran pemasaran bokar. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari pada bulan Agustus - September 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 77 orang petani. Penarikan sampel petani menggunakan metode secara acak sederhana (Simple Random Sampling). Alat analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif melalui margin pemasaran, farmer’s share dan rasio keuntungan biaya serta menggunakan alat analisis uji One Way Anova. Hasil dari penelitian ini terdapat 3 saluran pemasaran bokar di Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari, yaitu: 1) Petani – Pasar lelang Karet – Pedagang Pengumpul Provinsi (PPProv) – Pabrik (crumb rubber); 2) Petani – Pedagang Pengumpul Desa (PPD) – Pedagang Pengumpul Provinsi (PPProv) – Pabrik (crumb rubber); 3) Petani – Pedagang Pengumpul Provinsi (PPProv) – Pabrik (crumb rubber). Saluran pemasaran I diperoleh margin pemasaran sebesar Rp. 2.222, farmer’s share sebesar 82,91 % dan rasio keuntungan dan biaya sebesar 4,49. Saluran Pemasaran II diperoleh margin pemasaran sebesar Rp. 3.700, farmer’s share sebesar 71,54 % dan rasio keuntungan dan biaya sebesar 5,67. Saluran pemasaran III diperoleh margin pemasaran sebesar Rp. 3.319, farmer’s share sebesar 74,47 % dan rasio keuntungan dan biaya sebesar 9,63. Berdasarkan hasil uji One Way Anova terhadap farmer’s share yang diterima petani pada saluran pemasaran I, saluran pemasaran II dan saluran pemasaran III terdapat perbedaan yang signifikan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efisiensi, Bokar, Saluran pemasaran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Utami |
Date Deposited: | 13 Feb 2023 08:00 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 08:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44957 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |