PRATIWI, RIMATA DEBY (2023) PENERAPAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DI SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
SKRIPSI FULL TEXT_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (746kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (175kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHANN..pdf Download (413kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (308kB) |
|
Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL.pdf Download (212kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (308kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (331kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (463kB) |
|
Text
BAB IV..pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) |
|
Text
BAB V..pdf Download (174kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (47kB) |
|
Text
LAMPIRAN..pdf Download (929kB) |
Abstract
Siswa yang aktif belajar akan menunjukkan keterlibatannya di dalam proses bimbingan yang diberikan Guru BK. Namun sebaliknya, siswa yang tidak aktif belajar dalam proses bimbingan akan ditunjukkan rendahnya keterlibatan dalam proses bimbingan. Kenyataannya, keaktifan siswa masih tergolong rendah. Hal ini ditunjukkan dengan kurangnya keterlibatan siswa dalam mempersiapkan mengikuti proses bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki penerapan metode jigsaw sehingga dapat ditemukan cara yang paling efektif dan efisien untuk meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini dibatasi pada permasalahan Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Metode Jigsaw adalah metode pembelajaran kooperatif dimana siswa membentuk kelompok kecil dimana siswa memiliki ketergantungan dan saling bekerja sama serta memiliki tanggung jawab untuk mempelajari materi bagiannya masing-masing. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Layanan (PTL) dengan penerapan metode jigsaw. Subjek penelitian ini siswa/siswi sebanyak 8 orang siswa berdasarkan ketentuan dari Guru BK dengan kriteria antara lain siswa yang belum melakukan aktifitas belajar seperti berpendapat, bertanya, menjawab dan terlibat secara penuh dalam proses bimbingan yang diberikan Guru BK. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Penelitian dilakukan sebanyak 3 siklus. Berdasarkan hasil yang didapat setelah pelaksanaan siklus satu (I) maka peningkatan keaktifan siswa terjadi sebanyak 53%, kemudian pada pelaksanaan siklus dua (II) peningkatan keaktifan siswa terjadi sebanyak 60% sedangkan pada siklus ketiga (III) peningkatan keaktifan siswa terjadi sebanyak 86%. Hendaknya setelah dilakukan perbaikan dalam tindakan ini dapat meningkatkan keaktifan siswa dengan metode jigsaw di mana siswa mampu lebih mengekspresikan dirinya kepada orang lain, lebih aktif dan dapat efektif lagi menjalani kehidupan sehari-harinya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Metode Jigsaw, Keaktifan Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | PRATIWI |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 06:27 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 06:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44961 |
Actions (login required)
View Item |