PENGEMBANGAN MULTIMEDIA POWERPOINT PADA MATERI BENDA DAN SIFATNYA KELAS V

BIARTY, HERSHINTA PENGEMBANGAN MULTIMEDIA POWERPOINT PADA MATERI BENDA DAN SIFATNYA KELAS V. JURNAL PENGEMBANGAN MULTIMEDIA POWERPOINT PADA MATERI BENDA DAN SIFATNYA KELAS V.

[img] Text
Jurnal Hersinta.pdf

Download (344kB)

Abstract

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA POWERPOINT PADA MATERI BENDA DAN SIFATNYA KELAS V Oleh: Hershinta Biarty (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi) ABSTRAK Hasil observasi yang telah telah dilakukan, Sejauh ini dalam pembelajaran sains penggunaan media belum terealisasi dengan baik. Keadaan tersebut, akan berdampak pada nilai belajar siswa. Hal ini dikatakan bahwa siswa SD Negeri 64/I Muara Bulian belum mencapai ketuntasan belajar, masih banyak siswa yang memiliki nilai di bawah nilai KKM pada materi memahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda ini, karena pada umumnya mereka tidak mengerti dan tidak bisa memahami materi tersebut. Hal ini terlihat banyaknya siswa yang tidak mencapai nilai KKM diatas 70. Tujuan penelitian ialah ingin mengembangkan multimedia powerpoint pada materi benda dan sifatnya Kelas V SD Negeri 64/I Muara Bulian. Untuk mengetahui respon siswa mengenai multimedia powerpoint pada materi benda dan sifatnya Kelas V SD Negeri 64/I Muara Bulian. Jenis penelitian yang akan dilaksanakan adalah penelitian pengembangan. Dalam peelitian ini, pengembangan multimedia powerpoint pada materi benda dan sifatnya ini menggunakan model pengembangan dari Lee & Owens. Berdasarkan hasil validitas media oleh pakar media diperoleh data dan dianalisis diperoleh hasil uji validitas media dengan nilai rata-rata skor 44 dengan pesentase 80 pada kategori sangat baik. Hal ini berarti pakar ahli menyakan media powerpoin pada skala penilaian sesuai/layak untuk di ujicoba dalam pembelajaran. Setelah dilakukan revisi, maka hasil validasi keempat sudah baik dan media dapat di gunakan sebagai media pembelajaran. Hasil validitas materi oleh pakar materi diperoleh data dan dianalisis diperoleh hasil uji validitas materi dengan nilai rata-rata skor 38 dengan pesentase 76 pada kategori baik. Hal ini berarti pakar ahli menyakan materi media powerpoin pada skala penilaian sesuai/layak untuk di ujicoba dalam pembelajaran. Setelah dilakukan revisi, maka media pembelajaran powerpoin dapat digunakan untuk penelitian. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari proses validasi dan ujicoba, dapat diambil kesimpulan tahap pelaksanaan pengembangan yang menghasilkan produk awal (produk 1) kemudian divalidasi oleh tim ahli, revisi desain, sehingga menghasilkan (produk 2), Respon siswa terhadap multimedia powerpoint dengan pada materi benda dan sifatnya adalah sangat baik yang didapat dari angket respon siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: HERSHINTA BIARTY
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:43
Last Modified: 07 Jun 2018 04:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4504

Actions (login required)

View Item View Item