Isnaini, Meisi (2023) Pendekatan Uses and Gratification Theory Pada Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
Meisi Isnaini_Uses and Gratification theory pada penerapan teknologi informasi dan komunikasi.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Isnaini, Meisi. 2023. Pendekatan Uses and Gratification Theory Pada Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr.Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd (II) Akhmad Habibi, S.Pd., M.Pd., Ph.D Kata Kunci: TIK, UGT ,guru, sekolah dasar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan UGT terhadap penggunaan TIK oleh guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di 3 Sekolah Dasar di kota Jambi, yaitu di SD N 47/IV Kota Jambi, SD N 66/IV Kota Jambi, dan SD Islam Terpadu Al Azhar Kota Jambi, yang mana respondennya merupakan seluruh guru di sekolah dasar tersebut pada tahun ajaran 2022/2023 di semester ganjil, tepatnya di mulai pada bulan September sampai dengan bulan Januari 2023. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket atau kuesioner kepada guru. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif dengan PLS-SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Uses and Gratification Theory (UGT) yang terdiri dari kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, dan kebutuhan sosial valid untuk menjelaskan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi serta komponen UGT yang terdiri dari kebutuhan kognitif, afektif dan social mempengaruhi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh guru disekolah dasar kota Jambi dalam proses pembelajaran. Komponen UGT yang paling berpengaruh dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di sekolah dasar adalah kebutuhan afektif dengan rata-rata loading factor 4,138. Guru menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan kebutuhannya, dari measurement model dan output yang dihasilkan menunjukkan bahwa UGT valid untuk menjelaskan pengaruh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dengan nilai cronbach alfa dan composite realibilty di atas 0,5. Ketiga hipotesis yang diajukan peneliti menghasilkan pengaruh yang signifikan dengan t value lebih besar dari 1,96 dimana hipotesis pertama kebutuhan kognitif mempengaruhi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dengan nilai t statistik adalah 2,884 ≥ 1,96. Hipotesis kedua kebutuhan afektif mempengaruhi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dengan nilai t statistik adalah 4,138 ≥ 1,96 dan kebutuhan sosial mempengaruhi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dengan nilai t statistik adalah 2,175 ≥ 1,96. Dari hasil penelitian ini disarankan guru dapat memaksimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan kebutuhan peserta didik dalam proses pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TIK, UGT, guru, sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Isnaini |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 02:43 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 02:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45048 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |