STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 55/ I SRIDADI

IRYANTI, LENI STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 55/ I SRIDADI. JURNAL STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 55/ I SRIDADI.

[img] Text
JUrnal Leni Iryanti.pdf

Download (452kB)

Abstract

STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 55/ I SRIDADI Oleh: Hershinta Biarty (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi) ABSTRAK Leni Iryanti. 2017 “Strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran pada siswa kelas IV SD Negeri 55/ I Sridadi”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Dra. Hj. Destrinelly, M.Pd, (2) Drs. Arsil, M.Pd. Kata Kunci: Menanamkan, Nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Pendidikan karakter dalam setting sekolah diartikan sebagai pembelajaran yang mengarah pada penguatan dan pengembangan perilaku anak secara utuh yang didasarkan pada suatu nilai tertentu yang dirujuk oleh sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter disiplin dalam pembelajaran. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, responden penelitian ini adalah guru kelas IV di SDN 55/I Sridadi Kabupaten Batanghari yang berjumlah 1 guru kelas. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan 3 cara; yang pertama dengan melakukan observasi untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran di SDN 55/I Sridadi, yang kedua melakukan wawancara untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran di SDN 55/I Sridadi, dan dokumentasi dari observasi yang telah dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 3 tahap penerapan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, dimulai dari tahap membuka pelajaran, pelaksanaan dan penutup, awal pembuka pelajaran siswa selau berdoa, dan guru selalu mengabsensi agar diketahui keadaaan siswanyam, dan mempersiapkan bahan ajar sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Pada tahap pelaksanaan bahwa untuk menanamkan kedisiplinan perlu adanya fasilitas belajar berupa sarana dan prasarana pendukung belajar siswa di sekolah. Berikut ini merupakan dokumentasi sarana belajar siswa. Pada saat penutup guru selalu mengulang materi yang diajarkan dan mengevaluasi hasil pelajaran, serta berdoa setiap akhir pelajaran. Kesimpulan pada penelitian ini adalah hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan oleh peneliti maka dapat disimpulkan bahwa strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran sudah tepat. Hal ini terlihat dari hasil wawancara yang menunjukkan bahwa guru mampu menanamkan nilai-nilai karakter seperti kedisplinan. Pelaksanaan disiplin sebelumnya telah disosialisasikan, kemudian guru yang mendorong siswa untuk selalu disiplin. Mengajarkan kebiasaan baik juga menjadi salah satu strategi untuk guru.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: LENI IRYANTI
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:43
Last Modified: 07 Jun 2018 04:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4505

Actions (login required)

View Item View Item