DESAIN E-MODUL BERBASIS STEM DESIGN THINKING BERBANTUAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMA PGRI 2 KOTA JAMBI

FIKRI, AIDIL (2023) DESAIN E-MODUL BERBASIS STEM DESIGN THINKING BERBANTUAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMA PGRI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Cover,lembar pengesahan,pernyataan,kata pengantar,daftar isi.pdf

Download (788kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Aidil.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (231kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
SKRIPSI_AIDIL FIKRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan suatu bahan ajar berbentuk E-modul berbasis STEM Design Thinking berbantuan Wondershare Quiz Creator untuk meningkatkan literasi matematis siswa SMA PGRI 2 Kota Jambi. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluate (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah Dosen Pendidikan Matematika Universitas Jambi sebagai tim ahli yang terdiri dari ahli materi dan ahli desain, guru matematika kelas XI SMA PGRI 2 Kota Jambi pada uji coba perorangan, 9 orang peserta didik kelas XI MIA 2 pada uji coba kelompok kecil, dan seluruh peserta didik kelas XI MIA 1 yang berjumlah 20 orang pada uji coba lapangan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa e-modul yang didesain menggunakan aplikasi Canva, isi materi matriks pada e-modul berbasis tahapan STEM yaitu Observe, New Idea, Innovation, Creativity, dan Society dan tahapan Design Thinking yaitu Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test, selain itu didalamnya juga mengandung tahapan indikator literasi matematis yang terdiri dari merumuskan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks, penalaran matematika dan pemakaian konsep, prosedur, fakta dan alat matematika dalam mendeskripsikan fenomena, serta mengaplikasikan dan mengevaluasi solusi dari masalah. E-modul yang didesain termasuk dalam kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi tim ahli dari segi materi adalah 81% (sangat valid) dan dari segi desain adalah 82% (sangat valid). Hasil angket kepraktisan oleh guru adalah 91% (sangat praktis) dan kepraktisan peserta didik adalah 87% (sangat praktis). Dan hasil angket keefektifan e-modul oleh peserta didik melalui angket respon sebesar 81% dan dari hasil tes literasi matematis diperoleh skor rata-rata 71,75 dengan besar nilai gain yaitu 0,70001 yang menunjukkan kemampuan literasi matematis peserta didik meningkat dibanding sebelum menggunakan e-modul berbasis STEM Design Thinking.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, STEM, Design Thinking, Wondershare Quiz Creator, Literasi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fikri
Date Deposited: 15 Feb 2023 06:54
Last Modified: 15 Feb 2023 06:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45062

Actions (login required)

View Item View Item