Winda sari, Fitri (2018) Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Menghitung Permulaan dengan Pendekatan Saintifik di Kelas I Sekolah Dasar. Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Menghitung Permulaan dengan Pendekatan Saintifik di Kelas I Sekolah Dasar.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sari, Winda Fitri. 2018. Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Menghitung Permulaan dengan Pendekatan Saintifik di Kelas I Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr.Yantoro, M.Pd., (II) Dwi Kurnia Hayati, M.Pd. Kata kunci: Partisipasi, menghitung permulaan, pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi belajar siswa pada pembelajaran menghitung permulaan dengan pendekatan saintifik di kelas 1 SD Negeri No.111/1 Muara Bulian Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 111/1 Muara Bulian pada Januari-Februari 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi partisipasi siswa, wawancara respon siswa, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan pendekatan saintifik saat pembelajaran menghitung permulaan dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa. Peningkatan partisipasi belajar siswa dapat dilihat dari setiap siklus pertemuannya, siklus I pertemuan pertama partisipasi siswa secara klasikal 59,37%, siklus I pertemuan kedua 68,29% dengan jumlah persentase siklus I 63,53%. Siklus II pertemuan pertama 73,07%, siklus II pertemuan kedua 78,34%, dan hasil keseluruhan dari siklus II 75,64% dengan kategori baik. Perolehan di siklus II sudah mencapai taraf keberhasil penelitian yang diharapkan yaitu 73%. Dari hasil penelitian ini disarankan agar saat mengajar guru hendaklah menggunakan pendekatan pembelajaran yang tepat untuk memaksimalkan hasil belajar serta keaktifan belajar siswa. Selain itu guru juga harus memperhatikan media yang akan digunakan, serta metode pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | FITRI WINDA SARI |
Date Deposited: | 07 Jun 2018 06:23 |
Last Modified: | 07 Jun 2018 06:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4507 |
Actions (login required)
View Item |