Oktaviani, Feni (2023) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN PEPAYA DI KABUPATEN MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL FENI OKTAVIANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER .pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (658kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
Abstract
ABSTRAK Feni Oktaviani. Analisis Efisiensi Pemasaran Pepaya di Kabupaten Muaro Jambi Dibimbing oleh Dr. Ir. Ira Wahyuni, M.P sebagai pembimbing I dan Riri Oktari Ulma, S.P., M.Si sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menganalisis gambaran saluran pemasaran pepaya california, papaya besi dan papaya bangkok di Kabupaten Muaro Jambi, 2) Menganalisis efisiensi saluran pemasaran berdasarkan efisiensi teknis dan ekonomis pada pemasaran pepaya di Kabupaten Muaro Jambi. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang didapat berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner pada petani dan pedagang sampel serta didukung data sekunder dari beberapa literatur. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Sungai Gelam Desa Tangkit dan Kecamatan Kumpeh Ulu Desa Kasang Lopak Alai. Sampel yang diambil merupakan dari 2 desa tersebut sebanyak 20 orang petani yang terdiri dari 12 orang petani pepaya california, 5 orang petani pepaya besi dan 3 orang petani pepaya bangkok. Lembaga pemasaran yang terlibat terdiri dari 5 orang pedagang pengumpul, dan 11 orang pedagang pengecer. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 1) Pemasaran pepaya california di Kabupaten Muaro Jambi terdiri dari dua saluran pemasaran yaitu : a.) Saluran I terdiri dari petani → pedagang pengecer → konsumen akhir, b) Saluran II terdiri dari petani → pedagang pengumpul → pedagang pengecer → konsumen akhir. Pemasaran pepaya besi di Kabupaten Muaro Jambi terdiri dari dua saluran pemasaran yaitu : a.) Saluran I terdiri dari petani → pedagang pengecer → konsumen akhir, b) Saluran II terdiri dari petani → pedagang pengumpul → pedagang pengecer → konsumen akhir. Pemasaran pepaya bangkok di Kabupaten Muaro Jambi terdiri dari dua saluran pemasaran yaitu : a.) Saluran I terdiri dari petani → pedagang pengecer → konsumen akhir, b) Saluran II terdiri dari petani → pedagang pengumpul → pedagang pengecer → konsumen akhir. 2) Saluran yang lebih efisien menurut Indeks Efisiensi Teknis (IET) dan Indeks Efisiensi Ekonomis (IEE) adalah saluran Saluran I. Saluran I jenis pepaya california memiliki IET 0,04 dan IEE 8,06, pepaya jenis besi memiliki IET 0,08 dan IEE 6,60. Sedangkan pepaya jenis bangkok memiliki IET 0,19 dan IEE 5,66. Dari keseluruhan jenis pepaya, menunjukan bahwa saluran I merupakan saluran yang efisien secara teknis dan ekonomis. Kata Kunci : Efisiensi, Pemasaran, Pepaya, IET, IEE.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efisiensi, Pemasaran, Pepaya, IET, IEE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | OKTAVIANI |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 07:54 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 08:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45079 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |