Visa, Musviroh (2018) Pengembangan Alat Peraga Papan Bilangan Pada Materi Nilai Tempat di Kelas II Sekolah Dasar. Pengembangan Alat Peraga Papan Bilangan Pada Materi Nilai Tempat di Kelas II Sekolah Dasar.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Musviroh, V. 2018. Pengembangan Alat Peraga Papan Bilangan Pada Materi Nilai Tempat di Kelas II Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Suci Hayati, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Alat Peraga, Papan Bilangan, Nilai Tempat. Berdasarkan latar belakang masalah dalam pembelajaran matematika materi nilai tempat, guru telah memanfaatkan media yang ada seperti papan tulis, spidol, dan buku paket. Untuk memperkuat fakta, maka dilakukan wawancara, diketahui bahwa ada 4 orang siswa berkesulitan memahami pembelajaran matematika. Untuk itu, guru dapat menumbuhkan ketertarikan dan motivasi belajar siswa, menggunakan alat peraga papan bilangan pada materi nilai tempat yang dikembangkan sebagai benda konkret dalam penyampaian materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk alat peraga, yang valid dan praktis yaitu alat peraga papan bilangan pada materi nilai tempat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Metode yang digunakan ialah model ADDIE. Penelitian ini menghasilkan produk alat peraga papan bilangan pada materi nilai tempat, sebagai sarana untuk membantu guru dalam menyampaikan materi mempermudahkan siswa pada pembelajaran. Alat peraga papan bilangan yang dikembangkan pada materi nilai tempat di kelas II sekolah dasar memperoleh hasil validasi alat peraga papan bilangan dengan nilai rata-rata yaitu 90% termasuk dalam kriteria “Valid” dilihat dari kriteria tingkat kevalidan dan revisi produk, untuk hasil dari ahli pembelajaran ialah 90% termasuk dalam kriteria “Valid” dilihat dari kriteria tingkat kevalidan dan revisi produk, dan layak untuk diuji cobakan. Setelah diperoleh hasil validasi, selanjutnya dilakukan uji coba kelompok kecil dan kelompok besar untuk mengetahui kevalidan alat peraga papan bilangan pada materi nilai tempat di kelas II sekolah dasar. Hasil uji coba kelompok besar memperoleh nilai rata-rata 89% termasuk dalam kriteria “Valid” dilihat dari kriteria tingkat kevalidan dan revisi produk. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan dapat dinyatakan bahwa alat peraga papan bilangan yang dikembangkan memperoleh kualifikasi sangat baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini ialah mengetahui prosedur pembuatan produk dengan hasil berupa alat peraga papan bilangan. kevalidan alat peraga diperoleh dari hasil validasi alat peraga dan pembelajaran termasuk dalam kategori sangat valid.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | VISA MUSVIROH |
Date Deposited: | 07 Jun 2018 06:23 |
Last Modified: | 07 Jun 2018 06:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4508 |
Actions (login required)
View Item |