MEILANI, RESTIKA (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PASCA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 11 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK SKRIPSI...pdf Download (368kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI RESTIKA MEILANIiiii.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Meilani, Restika. 2023. Peran Kepala Sekolah dan Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa Pasca Pandemi Covid-19 dengan Model ARIAS di SMAN 11 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr.Ir. Denny Denmar, M.P. Pembimbing (II) Ferdiaz Saudagar. S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Peran Guru, Model ARIAS Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dan guru dalam memotivasi belajar siswa pasca pandemi Covid-19 dengan model ARIAS di SMAN 11 Kota Jambi. Peran kepala sekolah dan guru sangat penting dilakukan untuk memotivasi siswa, khususnya memotivasi belajar siswa pasca pandemi Covid-19, motivasi belajar siswa yang berbeda-beda mempengaruhi keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan belajar. Penelitian ini menggunakan lima informan yang terdiri dari kepala sekolah dan empat orang guru SMAN 11 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumen. Teknik analisis penyajian data dimulai dari pengumpulan data wawancara dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dan guru dalam memotivasi belajar siswa pasca pandemi Covid-19 dengan model ARIAS di SMAN 11 Kota Jambi dapat dikatakan cukup baik. Kepala sekolah dan guru telah menggunakan unsur-unsur yang ada dalam komponen model ARIAS walaupun belum secara maksimal, sehingga masih perlu ditingkatkan diantaranya dengan cara: 1). Assurance (Jaminan) dalam hal ini kepala sekolah dan guru perlu meningkatkan kembali keyakinan diri dalam memberikan jaminan mencapai keberhasilan yang sesuai kepada siswa selama pembelajaran pasca pandemi Covid-19; 2). Relevance (Relevansi) dalam hal ini kepala sekolah dan guru dapat mengarahkan melalui berbagai strategi dan langkah pembelajaran pasca pandemi Covid-19; 3). Interest (Ketertarikan) dalam hal ini kepala sekolah dan guru perlu meningkatkan kembali ketertarikan dan rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran pasca pandemi Covid-19; 4). Assessment (Penilaian) dalam hal ini kepala sekolah dan guru perlu memberikan reward kepada siswa yang dapat menyelesaikan atau mencapai suatu keberhasilan pada pembelajaran pasca pandemi Covid-19; 5). Satisfaction (Kepuasan) dalam hal ini kepala sekolah dan guru perlu melakukan evaluasi secara khusus untuk mengeta
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERAN KEPALA SEKOLAH, PERAN GURU, MODEL ARIAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Meilani |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 02:55 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 02:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |