SEPTIKA, RONALYA DUTA PRATIWI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA CHATBOT SCAFFOLDING DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN E-LEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIII MTs. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
skripsi FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (54kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (163kB) |
Abstract
ABSTRAK Septika, Ronalya Duta Pratiwi. 2023. Pengembangan Media Chatbot Scaffolding Dengan Model Problem Based Learning Menggunakan E-lematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi SPLDV Di Kelas VIII MTs: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Sofnidar, M.Si. (II) Khairul Anwar, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Chatbot, Scaffolding, Problem Based Learning, hasil belajar, SPLDV. Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran sangatlah penting terutama dalam pembelajaran matematika. Media pembelajaran digunakan untuk membantu dan mendukung siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Namun pada kondisi nyata penggunaan media pembelajaran masih sedikit diterapkan dalam proses belajar dan kurang bervariasi, media pembelajaran yang digunakan oleh guru masih belum bisa membantu siswa dalam memahami pembelajaran dan juga masih belum bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pmbelajaran berupa chatbot scaffolding dengan model problem based learning menggunakan E-lematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi SPLDV di kelas VIII MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Meliputi tahapan analyze, design, development, implementation and evaluation. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari angket validasi instrumen, angket validasi materi, angket validasi desain, angket praktikalitas, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah salah satu guru matematika kelas VIII dan peserta didik kelas VIII 1 MTs Negeri 3 Lahat. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu media pembelajaran berupa chatbot scaffolding dengan model problem based learning menggunakan E-lematika. Media ini dapat dijalankan melalui smartphone/komputer dan fokus media ini terletak pada materi SPLDV kelas VIII MTs dengan menyajikan materi, contoh soal dan soal latihan yang menggunakan Bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan beberapa kali direvisi hingga menghasilkan media pembelajaran yang diharapkan dan bermanfaat. Dengan tingkat kualitas media chatbot scaffolding dengan model problem based learning berdasarkan kriteria valid, praktis dan efektif. Persentase kevalidan materi dari ahli materi 95,4% (sangat valid) dan dari ahli desain 98,5% (sangat valid), untuk kepraktisan oleh pendidik 84,6% (sangat praktis) dan oleh peserta didik 88% (sangat praktis). Keefektifan media untuk meningkatkan hasil belajar dilihat dari angket respon peserta didik yaitu 92,7% (sangat efektif) dan tes hasil belajar siswa 77,27% dengan kategori efektif. Peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya dapat mengembangkan media chatbot scaffolding dengan inovasi lain untuk menghasilkan media pembelajaran yang baik dan menarik, sehingga dapat memotivasi peserta didik serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam belajar matematika.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MEDIA CHATBOT SCAFFOLDING MODEL PROBLEM BASED LEARNING HASIL BELAJAR MATERI SPLDV KELAS VIII MTS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Septika |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 03:11 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 03:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45122 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |