Brahim, Relji (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
Cover Relji Brahim_P2A920022.pdf Download (21kB) |
|
Text
Abstrak Relji Brahim_P2A920022.pdf Download (126kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan dan persetujuan Relji brahim_P2A920022.pdf Download (132kB) |
|
Text
BAB I Relji Brahim_P2A920022.pdf Download (273kB) |
|
Text
BAB V Relji Brahim_P2A920022.pdf Download (191kB) |
|
Text
Daftar Pustaka Relji Brahim_P2A920022.pdf Download (435kB) |
|
Text
Tesis Full_Relji Brahim_P2A920022.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Brahim, Relji , 2022. Pengaruh Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Ditinjau dari Self Confidence Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel, Prodi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dr. Dra. Nizlel Huda, M.Kes. (II) Dr. Evita Anggereini, M.Si. Latar belakang pada penelitian ini ditemukan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa rendah dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui: 1. pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran terdiri dari model PBL, Discovery Learning, dan konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik, 2. pengaruh self confidence siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, serta 3. interaksi antara model pembelajaran dan self confidence siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan The Pretest Postest Design with Nonequivalent Groups. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 248 siswa yang terbagi menjadi 8 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas VII-A yang terdiri dari 32 siswa, kelas VII-B terdiri dari 32 siswa, dan kelas VII-D yang terdiri dari 31 siswa. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini merupakan lembar observasi untuk model pembelajaran, angket self confidence dan tes pemecahan asalah matematika. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian untuk hipotesis pertama diperoleh nilai
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model PBL, Discovery Learning, Self Confidence, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Brahim |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 03:12 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 03:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45237 |
Actions (login required)
View Item |