NURHASANAH, ANA (2023) ANALISIS KESALAHAN KONSTRUKSI KONSEP DALAM BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi Ana Nurhasanah.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
Halaman Judul.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
Persetujuan & Pengesahan.pdf Download (537kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (626kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (411kB) |
Abstract
Nurhasanah, Ana. 2023. Analisis Kesalahan Konstruksi Konsep dalam Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Nizlel Huda, M.Kes., (II) Dra. Roseli Theis, M.S. Kata Kunci : Kesalahan Konstruksi Konsep, Berpikir Kritis, Pola Bilangan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakmampuan siswa dalam mengkonstruksi konsep, sehingga saat diberikan suatu masalah sering terjadi kesalahan. Kemampuan berpikir merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi ialah berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan konstruksi konsep dalam berpikir kritis siswa pada materi pola bilangan kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 8 Muaro Jambi. Berdasarkan hasil jawaban dari 26 orang calon subjek yang mengikuti tes dengan metode think aloud, diambil 3 subjek penelitian yang memenuhi indikator berpikir kritis. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar tes dan pedoman wawancara. Peneliti melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data yang selanjutnya dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ketiga subjek mengalami kesalahan konstruksi konsep yaitu: (1) Subjek 1 (S1) mengalami mis-logical construction (kesalahan dalam berpikir logis) pada focus (fokus), inference (simpulan), dan clarity (kejelasan), pseudo construction dan lubang konstruksi pada reason (alasan); (2) Subjek 2 (S2) mengalami pseudo construction dan mis-logical construction (kesalahan dalam berpikir logis) pada focus (fokus), pseudo construction pada reason (alasan) dan clarity (kejelasan), mis-logical construction (kesalahan dalam berpikir logis) pada inference (simpulan), situation (situasi), dan overview (tinjauan kembali); (3) Subjek 3 (S3) mengalami pseudo construction dan mis-logical construction (kesalahan dalam berpikir logis) pada focus (fokus), lubang konstruksi dan mis-analogical construction (kesalahan dalam berpikir analogi) pada reason (alasan), mis-logical construction (kesalahan dalam berpikir logis) pada inference (simpulan), situation (situasi) dan overview (tinjauan kembali).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan Konstruksi Konsep, Berpikir Kritis, Pola Bilangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | NURHASANAH |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 06:44 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 06:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45250 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |