Fitri, Zaharul PENGARUH SIKAP ILMIAH SISWA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH SIKAP ILMIAH SISWA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI.
Text
ARTIKEL.pdf Download (104kB) |
Abstract
ABSTRAK Fitri , Zaharul.2018. Pengaruh Sikap Ilmiah dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kota Jambi Pembimbing (I) Dr. Dra Hj. Muazza, M.Si (II) Facruddiansyah, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Sikap Ilmiah, Lingkungan Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS adalah sikap ilmiah dan lingkungan belajar. Sulitnya untuk meningkatkan sikap ilmiah pada diri seseorang dapat membuat lingkungan belajar seseorang berpengaruh, dengan memberikan sikap berupa penghargaan secara tidak langsung dapat memberikan dampak pada meningkatnya hasil belajar ekonomi pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh sikap ilmiah terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 5 Kota Jambi, 2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 5 Kota jambi, 3) Untuk mengetahui pengaruh sikap ilmiah dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar ekonomi kelas XI IPS SMAN 5 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 kota Jambi. Populasi penelitian ini berjumlah 263 dan sampelnya berjumlah 72 orang. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang berisikan 42 item sikap ilmiah, 10 item untuk lingkungan belaajr dan nilai mid semester ganjil ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 5 Kota Jambi. Penelitan ini dilaksanakan pada tanggal 14 sepetember 2017 s.d 10 febuary 2018. Data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada siswa kelas XI IPS pada setiap kelas SMA 5 Negeri kota Jambi dengan mengambil tujuh kelas, data dianalisis dengan menggunakan manual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikansi sikap ilmiah terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 5 kota Jambi dengan nilai signifikansi 0.000 < 0,05, terdapat pengaruh signifikansi lingkungan belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 kota Jambi dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, terdapat pengaruh signifikansi sikap ilmiah dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 5 kota Jambi dengan nilai f hitung 4,96778 > f tabel 3.96 pada signifikansi 0.000, serta hasil koefisien determinasi sebesar 0,238 atau 23,80 persen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan harapan kedepan adalah penelitan ini berguna sebagai bahan informasi dan masukan bagi Dinas Pendidikan dan Sekolah beserta lembaga-lembaga pendidikan yang ada agar dapat meningkatkan sikap ilmiah dalam meningkatkan hasil belajar yang lebih bai. Dan penelitian ini diharapkan bisa menjadi yang berguna bagi peneliti selanjutnya.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ZAHARUL FITRI |
Date Deposited: | 08 Jun 2018 04:11 |
Last Modified: | 08 Jun 2018 04:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4526 |
Actions (login required)
View Item |