ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI DENGAN ADANYA PERPUSTAKAAN KELILING MELALUI PROGRAM GEROBAK SINGGAH

DAULAY, SYAIFUL BAHRI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI DENGAN ADANYA PERPUSTAKAAN KELILING MELALUI PROGRAM GEROBAK SINGGAH. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI akhir.pdf

Download (3MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (552kB)
[img] Text
Halaman pesertujuan dan pengesahan.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (420kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Daulay, Syaiful, Bahri, 2023. Analisis Kemampuan Literasi Informasi Siswa Dengan Adanya Perpustakaan Keliling Melalui Program Gerobak Singgah : Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing : (1) Dr. Drs. Kamid, M.Si (2) Feri Tiona Pasaribu, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Literasi Informasi, Perpustakaan Keliling, Gerobak Singgah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai kemampuan literasi informasi dengan terbentuknya Program Gerobak Singgah di SD Negeri 232/IX Kelas Jauh Sei Jerat. Program ini mengusung konsep sebagai perpustakaan keliling yang akan membantu menyediakan sumber informasi melalui buku-buku yang disediakan. Program ini terbentuk untuk membantu memfasilitasi siswa ditengah keterbatasan sarana informasi dan program ini akan menjadi tempat singgah para siswa untuk mendapatkan informasi pada buku yang dibutuhkan. Penelitian ini dilandaskan temuan peneliti yaitu kurangnya kemampuan literasi informasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juni sampai dengan agustus 2022. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara memberikan angket literasi informasi kepada siswa yang telah merasakan bagaimana dari penerapan Program Gerobak Singgah, data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dengan menghitung persentase jawaban angket siswa kemudian dilakukan penjelasan secara kualitatif. Subjek penelitian yang dilakukan yaitu sebanyak 4 orang siswa. Setelah pemberian dan perhitungan angket dilakukan, peneliti kemudian melakukan wawancara kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat siswa kelas 4 SD Negeri 232/IX Kelas Jauh Sei Jerat yang menjadi objek dari penelitian yang dilakukan telah memenuhi seluruh indikator yang terdapat pada kelima standar literasi informasi. Yaitu pada standar 1 siswa yang literat informasi mampu menentukan jenis dan sifat informasi yang dibutuhkan, standar 2 siswa yang literat informasi mengakses kebutuhan informasi secara efektif dan efisien, standar 3 siswa yang literat mengevaluasi informasi dan sumber-sumber secara kritis dan menjadikan informasi yang dipilih sebagai dasar pengetahuan, standar 4 siswa yang literat menggunakan dan mengkomunikasikan informasi dengan efektif dan efisien dan stadar 5 siswa yang literat informasi memahami isu ekonomi, hukum dan sosial sekitar penggunaan dan pengaksesan informasi secara etis dan hukum.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: DAULAY
Date Deposited: 21 Feb 2023 03:32
Last Modified: 21 Feb 2023 03:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45272

Actions (login required)

View Item View Item