Silvia, Dilla (2023) Pengembanga Media Pembelajaran Berbentuk film Animasi Menggunakan Toontastic 3D Pada Materi Kekongruenan Dan Kesebangunan Untuk menumbuhkan Minat Belajar Siswa SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (446kB) |
![]() |
Text
Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan .pdf Download (497kB) |
![]() |
Text
Abstrak .pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (112kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IX SMP Negeri 7 Muaro Jambi dengan melakukan wawancara ke salah satu guru matematika diperoleh bahwa minat belajar matematika siswa masih kurang dan perlu ditumbuhkan kembali. Lalu setelah diberikan angket minat belajar siswa, terlihat bahwa minat belajar siswa rendah. Media pembelajaran yang dapat menarik minat sesuai dengan karakteristik siswa, dimana salah satu media pembelajaran tersebut adalah film animasi yang dapat ditonton siswa sambil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan dan mengetahui kualitas media pembelajaran berbentuk film animasi menggunakan toontastic 3D pada materi kekongruenan dan kesebangunan untuk menumbuhkan minat belajar siswa SMP. Hasil penelitian pengembangan model ADDIE ini menunjukkan bahwa kualitas media pembelajaran baik, karena memenuhi kriteria kevalidan dengan jumlah skor validitas materi 76,9 % dengan kategori “cukup valid” dan jumlah skor validitas media 75% dengan kategori “cukup valid”, kriteria praktis dengan jumlah skor pada uji coba perorangan 90,8% dengan kategori “praktis” dan kriteria praktis dengan jumlah skor 92,5% pada uji coba kelompok kecil dengan kategori “praktis”. Kriteria keefektifan dari nilai N-Gain atas tumbuhnya minat belajar siswa yaitu dari 28 orang siswa terdapat 7 kriteria tinggi, 20 orang dengan kriteria sedang, dan 2 orang yang tidak mengalami peningkatan atau masih berada pada kategori minat belajar yang rendah. Kemudian hasil lembar observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran yaitu sebesar 95,83% dengan kategori sangat efektif dan berdasarkan data hasil tes hasil belajar siswa terdapat 85,7% siswa yang mendapat nilai diatas KKM.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SILVIA |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 03:47 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 03:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45304 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |